Categories: MotoGP

Joan Mir: Ekspektasi dengan Honda RC213V Jelas Tinggi

RiderTua.com – Dalam 4 tahun pertamanya di MotoGP, Joan Mir berkompetisi dengan Suzuki GSX-RR. Selama kurun waktu itu rider asal Mallorca-Spanyol itu membukukan 13 podium, satu kemenangan dan tentu saja Gelar Dunia 2020. Babak baru bagi Mir, dia menandatangani kontrak berdurasi 2 tahun bersama tim pabrikan Repsol Honda.

Pada tes pramusim Sepang dua pekan lalu, pembalap berusia 25 tahun itu menunggangi Honda RC213V untuk kedua kalinya setelah tes selama 1 hari di Valencia pada November lalu. “Tes ini sangat penting, terutama karena jumlah tes yang semakin sedikit. Ada banyak hal untuk dicoba dan mendapatkan pengalaman,” ujar Mir.

Joan Mir: Ekspektasi dengan Honda RC213V Jelas Tinggi

Joan Mir menambahkan, “Saya berharap untuk belajar lebih banyak tentang motor di Portimao, karena kami mencapai level yang dapat diterima di Sepang. Tetapi kemudian kami datang ke trek yang berbeda dan itu akan berubah lagi. Kami juga perlu menguji part-part yang dibawa Honda dan mengambil langkah kecil lainnya dengan motornya. Ini sangat penting.”

“Tes di Sepang merupakan tantangan besar, karena saya harus terbiasa dengan gaya balap yang sangat berbeda sambil mempertimbangkan langkah-langkah untuk tahun ini. Ini rumit karena kita tidak 100 persen, kita belum menggunakan motor 100 persen dan kemudian komentar kita juga belum 100 persen ‘real’,” ungkap Mir.

Pertama tentang adaptasi dengan Honda, lalu tentang tes dan pengembangan. Mir pun menyimak baik-baik komentar dari rekan setimnya Marc Marquez. “Itu sangat penting. Bahkan jika kita berada pada level yang layak, itu dapat menimbulkan kebingungan jika kita membutuhkan hal yang berbeda dari rekan setim kita. Dalam hal ini, dan dengan gaya Marc dibandingkan gaya saya, perbedaannya tidak terlalu besar dan kami dapat menghasilkan sebuah motor yang kurang lebih mirip,” lanjut Mir.

Lihat Juga:

Apa yang masih menjadi misteri terbesar tentang motor baru bagi Mir? “Aspek yang masih harus saya temukan adalah akselerasi. Saya pikir kami dapat meningkatkan lebih banyak lagi di sana. Itu salah satu titik lemah kami, kita pasti bisa mengatasinya juga di bagian elektronik. Ini jelas merupakan aspek yang butuh lebih banyak waktu dan lebih banyak lap untuk dipahami, untuk meningkatkan lap demi lap dengan lebih percaya diri,” jawan Mir.

Ketika Mir ditanya, berapa lama waktu yang dibutuhkannya sebelum dia berada di depan dengan RC213V? Mir tidak ingin berkomitmen pada jarak waktu tertentu. “Tentu saja, ekspektasinya tinggi. Setiap tahun kita ingin menjadi sekompetitif mungkin, tetapi tentu saja kami memiliki tantangan besar tahun ini. Saya tidak ingin melakukannya. Saya tidak tahu. Jujur, apakah saya bisa memperebutkan podium mulai dari balapan pertama. Saya ingin, tapi saya tidak tahu,” tegasnya.

“Kami harus realistis dan kami harus berusaha meningkatkan performa selama tes, itu yang utama,” lanjut pendatang baru Repsol Honda itu, yang akan menjalani tes selama 2 hari lagi di Portimao (11 dan 12 Maret) sebelum dimulainya balapan Kejuaraan Dunia.

“Setelah itu kami melakukan balapan pertama dan kita akan lihat. Saya pikir pada dasarnya gaya balap saya berubah, dari kurang menjadi lebih selama satu musim dan meningkatkan sedikit intensitas balapan demi balapan, bekerja sama dengan yang lebih baik. Saya akan menegaskannya sekarang. Tentu saja, jika saya bisa kompetitif di balapan pertama, saya akan senang,” pungkas Joan Mir.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024