Categories: MotoGP

Tidak Ada Lagi Sprint Race di MotoGP?

RiderTua.com – Para petinggi yang bertanggung jawab atas gelaran MotoGP ingin meningkatkan pertunjukan pada 2023 dengan balapan jarak pendek atau yang disebut sprint race pada hari Sabtu. Tetapi fokus harus tetap pada race hari Minggu.

Tapi sekarang sudah disetujui oleh Dorna, FIM, IRTA dan MSMA bahwa tidak ada lagi sprint race, tapi diganti ‘sprint’. Pasalnya, balapan MotoGP di hari Minggu harus tetap dikedepankan. Namun, kompetisi pada hari Sabtu seharusnya menarik lebih banyak penonton ke sirkuit dan di depan layar TV.

Sprint Race di MotoGP ‘Dibatalkan’

Sementara 3 sprint race di Formula 1 masing-masing berlangsung pada 2021 dan 2022 dan 6 sprint race direncanakan untuk 2023, di MotoGP akan digelar 21 sprint race. Sprint race ini akan mulai pukul 3 sore pada hari Sabtu dan menempuh setengah jarak. Poin diberikan untuk 9 besar, tetapi hanya balapan hari Minggu yang dihitung sebagai kemenangan balap.

Carmelo Ezpeleta

Dan karena pada hari Jumat, setelah dua sesi latihan, sudah diputuskan 10 pembalap mana yang akan langsung masuk ke kualifikasi 2 dan 12 rekannya yang masih bisa lolos di Q1 untuk sisa 2 tempat Q2, minat penggemar pada hari Jumat juga akan meningkat.

Sementara di Formula 1 hanya ditampilkan jumlah poin per balapan di klasemen per akhir pekan, Dorna berencana untuk ‘mengawasi’ klasemen di MotoGP yang secara jelas menunjukkan poin mana yang berasal dari sprint dan poin mana yang berasal dari dari balapan hari Minggu.

Di Formula 1, poin dari balapan sprint dan dari hari Minggu dijumlahkan, masing-masing ditambah 1 poin untuk putaran balapan tercepat.

BTW, di Formula 1 balapan jarak pendek dimulai sebagai latihan di Silverstone pada 2021, diikuti oleh Monza dan Interlagos di tahun yang sama. Pada tahun 2022, 3 sprint race digelar lagi di Imola, Spielberg, dan Interlagos. 6 sprint race Formula 1 di musim mendatang yakni di Baku, Spielberg, Spa-Francorchamps, Doha, Austin, dan Interlagos.

Di Superbike, sprint race digelar pada Minggu pagi, dua kompetisi penuh dengan 25 poin untuk kemenangan pada Sabtu dan Minggu sore.

Dan mengapa istilah ‘sprint’ sekarang resmi diperkenalkan di MotoGP, bukan ‘sprint race’? “Karena ini sprint,” jawab CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Tags: dornamotogp
Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024

Honda, Yamaha dan Aprilia Melakoni Tes di Mugello

RiderTua.com - Sesuai aturan konsesi yang baru, sebagai pabrikan yang menempati peringkat D Honda dan Yamaha memiliki kebebasan untuk melakukan…

17 Mei 2024

Subaru dan Kehadiran Merek Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil Subaru di Indonesia masih berjalan dengan bagus di tengah penurunan kondisi pasarnya pada April lalu. Sejauh…

17 Mei 2024

BMW Tak Khawatir Dengan Kehadiran Merek Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - BMW masih memimpin penjualan mobil di pasar mobil premium di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mampu mengungguli…

17 Mei 2024

Aleix Espargaro : Ingin Duetkan Pedro Acosta dan Jorge Martin di Aprilia, Vinales Kemana?

RiderTua.com -  Di usia 34 tahun, Aleix Espargaro seperti berada di persimpangan jalan dalam karirnya. Pembalap senior asal Spanyol itu…

17 Mei 2024