Categories: MotoGPSuperbike

Mantap! Yamaha Punya Swingarm Baru, Apakah Itu Cukup untuk Melawan Ducati?

RiderTua.com – Yamaha menjalani program tes yang ketat selama 2 hari di Jerez dengan banyak perubahan pada R1. Toprak Razgatlioglu menegaskan bagaimana dia ingin mengalahkan Alvaro Bautista dan Ducati.

Musim lalu, top speed Bautista di atas Panigale V4R yang sangat kencang menjadi sorotan. Namun pada kenyataannya, pembalap Spanyol itu hanya memanfaatkan akselerasinya, keluar dari tikungan cepat dan dia tak terkalahkan di gigi ketiga dan keempat. Rider berusia 38 tahun itu dengan mudah membuat para rival menjadi ‘korban’nya di trek lurus.

Yamaha Punya Swingarm Baru, Apakah Itu Cukup untuk Melawan Ducati?

Para rival dengan cepat menyadari hal ini. Dan sejak saat itu, mereka bekerja secara intensif untuk membuat traksi yang lebih baik agar tidak tertinggal dari Bautista khususnya setiap kali keluar dari tikungan.

Toprak Razgatlioglu

Pembalap pabrikan Yamaha Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli menguji swingarm baru di Circuito de Jerez, pada Kamis (27/1/23). Begitu juga pembalap tim GRT Domi Aegerter dan Remy Gardner yang juga berkesempatan mengujinya beberapa lap untuk mendapatkan kesan pertama.

Razgatlioglu crash setelah mengalami selip saat melakukan pengereman di tikungan terakhir tepat sebelum siang hari. “Di sisa waktu tes saya mengendarai motor tahun lalu. Saya bertanya kepada tim, apakah mereka masih memiliki swing arm itu dan mereka memasangnya untuk saya dalam 40 menit.”

“Cengkeramannya juga jauh lebih baik daripada motor tahun lalu. Bahkan dengan ban untuk balapan SCX soft saya bisa membalap dengan waktu 1:38,8 menit, yang merupakan catatan waktu lap yang sangat baik. Di kualifikasi saya menorehkan 1:38,2 menit,” imbuh rider asal Turki itu.

Setelah mencatatkan waktu terbaiknya pada tes hari Rabu, pembalap berusia 25 tahun itu juga menjadi yang tercepat pada tes hari Kamis dan unggul 0,083 detik dari Jonathan Rea (Kawasaki) dan 0,180 detik di depan juara Alvaro Bautista (Ducati). Dengan beberapa pengecualian, semua pembalap melaju dengan lap tercepat mereka dengan SCQ kualifikasi.

“Tim melakukan pekerjaan dengan baik. Sekarang kami tahu posisi kami dengan motor dan meningkat selangkah demi selangkah. Kami juga memahami part baru mana yang berfungsi,” puji Toprak.

Bautista hanya menempati urutan ke-3 dalam timesheets, namun kecepatan balapannya luar biasa dengan catatan waktu 1:39.0 menit dalam 20 lap. “Dia sebenarnya sudah menang,” kata Tom Sykes yang kembali ke Kejuaraan Dunia.

Toprak melanjutkan, “Kami fokus pada swing arm dan cengkeraman yang baik, rem mesin, dan penyetelan elektronik lainnya. Saya bisa melahap 1:39,0 menit dalam 5 lap, saya bahkan tidak mencoba 20 lap. Setelah crash, saya tidak punya waktu untuk simulasi balap. Saya masih sangat senang karena kami dapat meningkat secara signifikan.”

“Dengan swing arm baru, kami punya cengkeraman yang lebih baik sehingga akselerasi juga lebih baik. Apakah itu juga membantu meningkatkan umur ban belakang, saya belum bisa mengatakannya karena cuaca sangat dingin. Ban berperilaku sangat berbeda dibanding saat cuaca panas,” pungkas anak asuh manajer Kennan Sofuoglu itu.

This post was last modified on 29 Januari 2023 11:18

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marco Bezzecchi : Finis ke-8 Bukan Hasil yang Luar Biasa, Tapi Ini Kemajuan Kecil yang Bagus

RiderTua.com - Setelah finis di posisi ke-6 di GP Portugal, Marco Bezzecchi semakin meningkatkan daya saingnya di GP Amerika. Di COTA,…

17 April 2024

Fabio Di Giannantonio : Senang Bisa Finis ke-6 Dalam Balapan Seperti Ini

RiderTua.com - Setelah melakoni latihan dengan sangat baik di hari Jumat, kedua rider dari tim Pertamina Enduro VR46 yakni Fabio Di…

17 April 2024

Para Pemudik Ramaikan Bale Santai Honda Jatim di Lebaran 2024

RiderTua.com - MPM Honda Jatim (PT. Mitra Pinasthika Mulia) selaku distributor motor Honda wilayah Jatim dan NTT, di masa mudik…

16 April 2024

Aleix Espargaro : Jika Tidak Ada Kontak di Lap Pertama Saya Bisa Finis di 5 Besar

RiderTua.com - Sementara rekan setimnya Maverick Vinales mendominasi GP Amerika, Aleix Espargaro finis ke-7 setelah terjadi kontak di awal balapan.…

16 April 2024

Toyota Dkk Tidak Naikkan Harga Small SUV Bulan Ini

RiderTua.com - Toyota memang memiliki berbagai macam model SUV yang dijualnya di Indonesia. Seperti small SUV Raize yang dijual bersama…

16 April 2024

Cara Enea Bastianini Menghemat Ban, Mulai ‘Ngepush’ Pada 8 Lap Terakhir

RiderTua.com - Setelah meraih dua kali podium berturut-turut, Enea Bastianini berhasil menempati peringkat 2 di klasemen. Rider pabrikan Ducati itu…

16 April 2024