Categories: MotoGP

Canda Bos Hilang: Lucio Cecchinello Masih di LCR Honda

RiderTua.com – Di Formula 1, empat tim balap kehilangan bos tim mereka. Banyaknya pergantian personel ini membuat tim MotoGP milik Lucio Cecchinello melontarkan candaan di media sosial. Tim LCR Honda memposting foto dengan tulisan BREAKING dan mengungkapkan berita luar biasa di bawahnya, ‘Lucio Cecchinello tidak ke mana-mana’.

Setelah musim balap Kejuaraan Dunia Formula 1 berakhir, tim-tim di suite eksekutif mulai berganti bos. Mattia Binotto harus mengosongkan kursi sebagai kepala tim di Ferrari. Jost Capito dan direktur teknis François-Xavier Demaison berpisah dengan tim balap Williams. Sementara Fred Vasseur mengundurkan diri sebagai CEO Sauber Motorsport dan bos tim Alfa Romeo Racing dan mengambil alih Skuad Ascension di Ferrari. Andreas Seidl asal Jerman telah mengundurkan diri sebagai bos tim McLaren dan akan mengambil alih peran sebagai CEO di Sauber Motorsport pada 1 Januari. Tugasnya sebagai bos tim di McLaren diserahkan kepada Andrea Stella.

Lucio Cecchinello: Saya Masih Jadi Bos Tim

Pemberitahuan ini tidak terlalu mengejutkan bagi orang dalam MotoGP. Mantan pembalap dan pemenang balap 125cc tujuh kali (mengalahkan Valentino Rossi untuk menempati peringkat 2 di Kejuaraan 125cc Eropa 1995 dengan Tim Pileri Honda) itu telah menjalankan tim balap sendiri sejak 1996.

Pada awalnya, tim LCR hanya berlaga di kelas 125cc, dimana pembalap asal Italia itu menempati peringkat 4 secara keseluruhan di Kejuaraan Dunia pada tahun 2001 dan 2002 dengan menggunakan Aprilia. Setelah pensiun dari balap pada akhir tahun 2003 (sebagai peringkat 9 di Kejuaraan Dunia), tim LCR juga terlibat dalam kelas Kejuaraan Dunia 250cc dengan pembalap seperti Alex De Angelis, Mattia Pasini, Eugene Laverty dan pembalap top seperti Randy de Puniet dan Casey Stoner.

Lucio Cecchinello LCR Honda

Di kelas utama, pemilik tim sekaligus kepala tim itu telah menjalankan tim balap LCR Honda sejak 2006. Tantangan baru ini dimulai dengan Casey Stoner, yang menjadi Juara Dunia MotoGP di Ducati setahun kemudian.

LCR-Honda telah menurunkan dua pembalap di Kejuaraan Dunia MotoGP sejak 2015. Setelah Stoner, pembalap seperti Carlos Checa, Randy de Puniet, Toni Elias, Stefan Bradl (2012 hingga 2014), Cal Crutchlow, Jack Miller, Taka Nakagami dan Alex Marquez diturunkan.

Selain Nakagami, mantan rider Suzuki Alex Rins yang telah memenangkan 2 dari 3 balapan MotoGP terakhir dengan GSX-RR, direkrut untuk tahun 2023.

Tim balap LCR adalah tim satelit Honda terakhir di kelas utama. Tiga kemenangan balap terjadi pada 2016 dengan Cal Crutchlow (Brno dan Phillip Island) dan 2018 (Las Termas de Río Hondo).

Dan sebagai pemilik tim, bos LCR berusia 53 tahun itu diharapkan untuk melanjutkan tim balapnya setidaknya selama 10 tahun, mencoba melatih dan mengembangkan bakat baru untuk tim pabrikan Repsol Honda.

Meskipun pabrikan seperti Suzuki, Aprilia dan KTM telah berulang kali menyatakan minatnya untuk bekerja sama dengan LCR dalam beberapa tahun terakhir, Lucio Cecchinello secara konsisten memperpanjang kontrak dengan pabrikan Jepang tersebut bahkan di tahun-tahun sulit seperti 2021 dan 2022.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jorge Martin : Berhati-hati di Awal Balapan Agar Tidak Muncul Masalah Getaran

RiderTua.com - Pada konferensi pers di Jerez, Jorge Martin menjelaskan bahwa dia masih perlu meningkatkan diri di GP Spanyol. Rider…

26 April 2024

Toyota Kijang Innova Reborn yang Masih Laris Terjual

RiderTua.com - Toyota cukup sukses dalam menghadirkan Kijang Innova Zenix sejak setahun lalu di Indonesia. Sebab mobil medium MPV ini…

26 April 2024

Mini Aceman Resmi Dirilis, Crossover Listrik yang Tampil Menarik

RiderTua.com - Mini memang dikenal dengan sejumlah produknya yang memiliki kualitas tinggi. Termasuk mobil listrik pertamanya yang dirilis beberapa tahun…

26 April 2024

Mitsubishi Hadirkan Penyegaran Untuk ASX di Eropa

RiderTua.com - Mitsubishi memiliki beberapa mobil SUV yang dijualnya di pasar global. Salah satunya ASX, yang sebenarnya merupakan versi Eropa…

26 April 2024

Fabio Quartararo : Calon Tim Satelit Yamaha Harus Diperlakukan Seperti Tim Pabrikan

RiderTua.com - Ketika berbicara tentang sirkuit Jerez, Fabio Quartararo teringat kembali kesuksesannya di masa lalu. Dalam 4 tahun terakhir, rider…

26 April 2024

Peluang Citroen Mengekspor Mobil Rakitan Lokal

RiderTua.com - Citroen telah memastikan akan memulai produksi mobilnya di Indonesia pada Juli mendatang. Model yang akan dirakitnya untuk pertama…

26 April 2024