Aki Ajo: Duet Zarco dan Fellon Mengorbankan Segalanya untuk Sukses Dalam Balapan

RiderTua.com – Pencetak juara dunia asal Finlandia Aki Ajo bekerja sama dengan Johann Zarco dan manajernya Laurent Fellon selama 3 tahun. Dalam kurun waktu ini prestasi Zarco sangat mengesankan, rider asal Prancis itu sukses menempati peringkat 2, 1 dan 1 di kejuaraan dunia.

Sejak 2003, Aki Ajo berhasil memenangkan tidak kurang dari 9 gelar dunia dan lebih dari 120 kemenangan balap bersama para ridernya. Ajo Motorsport sukses merebut gelar Kejuaraan Dunia Moto2 keempat mereka tahun ini bersama Augusto Fernandez, setahun setelah kemenangan Remy Gardner.

Aki Ajo: Duet Zarco dan Fellon Mengorbankan Segalanya untuk Sukses Dalam Balapan

Namun, Johann Zarco meraih dua gelar dunia Moto2 pertama untuk tim asal Finlandia itu pada 2015 dan 2016. Dan pada 2011 di musim terakhir kejuaraan dunia 125cc, Ajo memperebutkan gelar juara dunia bersama pembalap yang kini berusia 32 tahun itu dengan motor Derbi 125. Tapi Zarco dikalahkan oleh pembalap Spanyol Nico Terol (di Aspar-Aprilia) dengan 302 berbanding 262 poin.

Aki Ajo - Johann Zarco - Laurent Fellon
Aki Ajo – Johann Zarco – Laurent Fellon

Selama bertahun-tahun, pemilik tim Ajo juga terlibat kerjasama dengan Laurent Fellon, yang meninggal pada hari Senin di usia 61 tahun akibat kanker pankreas dan merupakan penemu, promotor sekaligus manajer Johann Zarco.

Aki Ajo mengatakan, “Saya pertama kali bertemu Laurent Fellon pada 2006, setahun sebelum Johann Zarco memenangkan Red Bull Rookies Cup. Saat itu kami sudah membahas apakah Johann suatu hari nanti bisa bergabung dengan tim GP 125cc kami. Saya perhatikan sejak awal betapa fokusnya mereka.”

“Jelas bagi saya bahwa duo ini mengorbankan segalanya untuk sukses dalam balapan. Mereka adalah pasangan spesial. Kemudian pada tahun 2010 kami menyetujui kesepakatan untuk tim Avant Air Asia saya untuk tahun 2011. Pada tahun 2010, Marc Marquez memenangkan Kejuaraan Dunia 125cc bersama kami,” imbuh Ajo. baca selanjutnya

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives