Categories: MotoGP

Bagaimana CryptoDATA Bisa Menjadi Mitra Tim RNF Aprilia?

RiderTua.com – Kesepakatan dengan CryptoDATA Tech memastikan tim RNF Aprilia milik Razlan Razali itu tetap eksis di MotoGP dengan duo pembalap Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Seperti diketahui, setelah dulu pernah ditinggal Petronas, tim RNF kembali menghadapi masa depan yang tidak pasti setelah WithU juga mundur sebagai sponsor utama.

Ketika RNF Racing (penerus Sepang International Circuit Racing Team sebagai tim satelit Yamaha dengan sponsor utama WithU) memulai pembukaan musim 2022 di Qatar pada 6 Maret lalu, stabilitas keuangan perusahaan energi asal Italia itu hanya bertahan sekitar 1 bulan. Karena harga di bursa listrik melonjak tak terkira sehingga menyebabkan ketidakpastian keuangan, WithU menarik diri pada bulan September. Dan tim balap milik Razlan Razali tanpa sponsor utama untuk kedua kalinya dalam 13 bulan.

Bagaimana CryptoDATA Bisa Menjadi Mitra Tim RNF Aprilia?

Tapi kemalangan berubah menjadi keberuntungan bagi bos RNF Razlan Razali. Karena dengan perusahaan CryptoDATA Tech (tidak ada hubungannya dengan cryptocurrency tetapi aktif di industri keamanan IT) tidak hanya mencegah ambruknya finansial tetapi juga menyelesaikan perubahan pabrikan dari Yamaha ke Aprilia.

Razali menjelaskan, “Ini merupakan tahun yang sangat menantang dan sulit bagi kami dalam segala hal. Mulai dari hasil pembalap, pindah dari Yamaha ke Aprilia, hingga penarikan mitra kami WithU. Itu membuat kami mendapat masalah besar karena tim 80 hingga 90 persen bergantung pada sponsor.”

“Tetapi ketika berita penarikan WithU tersiar tepat sebelum balapan Aragon, kami bertemu dengan CryptoDATA Tech di Aragon pada hari Sabtu. Mereka mendengar tentang masalah kami dengan WithU. Dan yang mengejutkan saya, saya menemukan fakta bahwa mereka sudah menjadi mitra Dorna dan bukan cryptocurrency.”

“Pada hari Sabtu di Aragon ada pembicaraan bahwa mereka bisa menjadi partner baru kami. Pada hari Minggu mereka menjadi tamu kami di VIP Village. Pertemuan selanjutnya dengan mereka ternyata menjadi sesuatu yang berbeda dan seru,” lanjut pemilik tim asal Malaysia itu.

Yang menarik dalam hal ini bukan hanya kesepakatan sponsor, tetapi pembelian saham mayoritas di RNF-Team. Namun, pendekatan CryptoDATA Tech bukanlah hal baru di paddock MotoGP. Pasalnya, pabrikan genset Pramac memiliki tim satelit Ducati. Bos Pramac Paolo Campinoti telah memiliki 100 persen saham tim balap MotoGP yang sukses dengan pembalap Johann Zarco dan Jorge Martin sejak 2005 sekaligus bertindak sebagai operatornya.

Tapi Razali masih menganggap kesepakatan antara RNF dan CryptoDATA Tech adalah model bisnis baru dan bahkan berpotensi melakukan hal-hal yang sangat berbeda. “Manajer CryptoDATA telah mengajukan tawaran kepada kami untuk menjadi pemegang saham tim. Mereka ingin berinvestasi, karena lebih masuk akal bagi mereka dan perusahaan serta merek tidak hanya menjadi mitra utama,” imbuh Razlan.

“Jadi kami melanjutkan pembicaraan, meski saat itu sudah ada ‘jabat tangan’. Kami melakukan ‘due diligence’ singkat. Mereka datang ke Malaysia, kami menyelesaikan semuanya dan pada dasarnya kesepakatan itu disegel di GP Sepang. Kami kemudian membuat pengumuman di Valencia.”

Pergantian sponsor sudah terlihat jelas. Pasalnya, pada balapan di Valencia motor Yamaha yang ditunggangi Cal Crutchlow dan Darryn Binder tidak lagi menggunakan warna biru-oranye-hitam seperti biasa, melainkan warna kuning neon-jingga-merah-hitam.

Namun kesepakatan dengan CryptoDATA Tech seharusnya tidak hanya bertindak sebagai iklan semata, tetapi juga memenuhi targetnya. Razali menjelaskan, “Kami telah mengidentifikasi 5 hal teratas yang ingin kami lakukan untuk meningkatkan pengalaman tamu dalam hospitality, menambah nilai bagi tim dan menciptakan bisnis seputar MotoGP. Nilai tambah yang melengkapi tim dan bisnisnya.”

Namun Razali tak perlu khawatir dengan posisinya sebagai kepala tim. Dia meyakinkan, “Tentu saja, perubahan kepemilikan tidak hanya membutuhkan persetujuan Dorna, tetapi Dorna telah membuat persetujuan ini tunduk pada kondisi tertentu. Termasuk jaminan finansial hingga 2026 dan bahwa saya akan tetap menjadi bos tim hingga 2026 dan seterusnya.”

Razali akan terus mengurusi tim, sementara CryptoDATA Tech akan mengurusi pemasaran dan sponsor.

Pada musim 2023, satu-satunya tim satelit Aprilia akan secara resmi memulai dengan nama ‘CryptoDATA Aprilia RNF MotoGP Team’ dengan pembalap Raul Fernandez dan Miguel Oliveira.

This post was last modified on 29 November 2022 16:54

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024

Suzuki Telah Mengirim 400 Unit Jimny 5-Door ke Konsumen Indonesia

RiderTua.com - Suzuki masih berusaha untuk memenuhi tingginya permintaan Jimny 5-door di Indonesia. Walau dengan antisipasi sebelumnya, mereka mendapat penumpukan…

19 April 2024

Toyota Fortuner Kini Hadirkan Varian Hybrid!

RiderTua.com - Toyota Fortuner masih menjadi andalannya di segmen SUV ladder frame di Indonesia sampai sekarang. Hanya saja model ini…

19 April 2024