Categories: Moto2MotoGP

Aspar Martinez: Setelah Jadi Pemilik Tim Balap Kini Juga Pemilik Sirkuit

RiderTua.com – Jorge ‘Aspar’ Martinez kini menjadi pemilik lintasan balap. Bergabung dengan investor lain, dia mengambil alih Circuito de la Ribera yang terletak 40 kilometer selatan Valencia. Nama sirkuit ini akan diubah menggunakan namanya dan akan dibuka kembali sebagai Circuit Aspar setelah musim dingin. Tim Aspar tahun ini menaungi Izan Guevara di tim GasGas Aspar Team dan tahun depan juga masih tetap di kelas Moto2 dengan sasis Kalex..

Hingga 2017, trek tersebut tidak dalam bentuknya yang sekarang. Kemudian direnovasi selama 2 tahun. Kompleks ini mencakup area seluas 350.000 meter persegi dengan jalur utama 2,2 kilometer, jalur karting 850 meter dan jalur lintas 1,1 kilometer. Permukaan aspal seluas 18.000 meter persegi juga tersedia untuk kompetisi drift dan sekolah mengemudi untuk lalu lintas jalan raya.

Aspar Martinez: Setelah Jadi Pemilik Tim Balap Kini Juga Pemilik Sirkuit

Tapi kemudian, pemilik fasilitas pada saat itu mendapat sorotan buruk. Mereka telah menyembunyikan fakta bahwa daerah itu merupakan di tempat pembuangan sampah ilegal hingga kedalaman 12 meter yang sangat terkontaminasi dan merupakan ancaman serius bagi air tanah di lanskap sungai sekitarnya. Hampir 5 tahun setelah dibuka, fasilitas tersebut ditutup kembali oleh Badan Lingkungan Hidup dan pemerintah wilayah Valencia karena pemiliknya menolak melakukan perbaikan fasilitas yang biayanya sangat mahal.

Jorge Martinez kemudian membuat erubahan. Dengan gelontoran uang dari miliarder Juan Roig (presiden jaringan supermarket Mercadona) yang juga datang sebagai tamu ke GP Valencia, bankir Paul Gomero dan perusahaan real estate Grupo Atica, dia mendapatkan fasilitas tersebut dan juga menemukan solusi terbaik dengan badan Lingkungan Hidup.

Jorge ‘Aspar’ Martinez

1 tahun setelah penutupan, lampu hijau untuk pengoperasian fasilitas diberikan lagi. Kemudian disepakati bahwa, di masa depan trek akan menyandang nama juara dunia 4 kali itu dan akan menjadi ‘markas’ baru tim Aspar, yang saat ini bertempat di sebuah gudang di kawasan industri Picassent .

Tim yang juga ambil bagian dalam Kejuaraan Dunia Junior dan Talent Cup Eropa itu kini memiliki trek kandang, tempat motor balap dapat diuji dan pembalap muda dapat melatih kecepatannya.

“Kami sangat senang dengan kesempatan ini untuk awal yang baru di Guadassuar. Ini adalah kesempatan bagus untuk olahraga kita. Lintasan tersebut harus menjadi kumpulan bakat yang menghasilkan pembalap Spanyol dan terutama Valencia yang menjanjikan,” ujar Martinez.

Aspar menjalani musim yang sangat sukses di tahun 2022. Izan Guevara (7 kemenangan musim ini) dan Sergio Garcia (3 kemenangan musim ini) menyelesaikan Kejuaraan Dunia Moto3 dengan motor GASGAS di peringkat 1 dan 3. Jake Dixon menyelesaikan Kejuaraan Dunia Moto2 di peringkat 6 secara keseluruhan. Dan di Kejuaraan Dunia Moto3 Junior, Filippo Farioli menempati peringkat 3 secara keseluruhan di Tim Junior Aspar GASGAS. Dia naik ke Moto2 dengan tim Red Bull KTM Tech3.

Kesepakatan itu akhirnya disegel pada awal Oktober. “Di Valencia kami memiliki penggemar Spanyol yang paling setia. Agar kami bisa terus menghibur mereka dengan tontonan yang bagus ke depannya, kami mendukung para pembalap muda yang akan memberi kami banyak kesenangan di masa depan. Bagi saya pribadi, ini juga merupakan kembali ke awal karir saya,” pungkas pembalap asal Spanyol yang lahir pada tahun 1962 di kota Alzira, dan berkompetisi dalam balapan pertamanya pada tahun 1979 di negara tetangga Guadassuar.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024

Toyota Avanza Masih Pimpin Segmen LMPV Meski Penjualan Menurun

RiderTua.com - Toyota masih membuktikan sebagai pemimpin penjualan mobil di Indonesia. Tak terkecuali di segmen low MPV, dimana Avanza tetap…

23 April 2024