Hyundai Ioniq 5 vs Toyota bZ4X, Pilih Mana?

RiderTua.com – Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil listrik pertama di Indonesia yang dirakit lokal. Walau demikian, pesaingnya seperti Toyota sudah mulai bergerak dengan merilis bZ4X beberapa waktu lalu. Namun baik Hyundai Ioniq 5 maupun Toyota bZ4X memiliki sejumlah keunggulan yang dimilikinya. Apalagi harga jualnya juga jauh berbeda satu sama lain.

Baca juga: Hyundai Memulai Produksi Ioniq 6, Tapi…

Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X Punya Keunggulan

Ioniq 5 dan bZ4X memiliki perbedaan yang begitu kontras, dimana bZ4X memiliki model yang lebih bongsor. Memang dengan ukuran lebih besar, bZ4X dapat memberikan keunggulan pada kelegaan kabinnya. Tapi Ioniq 5 cukup diandalkan ketika berkendara di daerah perkotaan yang padat.

Selain itu, bZ4X lebih digolongkan sebagai SUV-crossover kelas premium, jadi jangan kaget kalau fiturnya lebih melimpah ketimbang Ioniq 5. Seperti wireless charger, headunit 12,3 inci, kamera HD 360 derajat, sampai Toyota Safety Sense (TSS). Paket fitur keselamatan ini terdiri dari sejumlah fitur canggih, dari radar cruise control, lane tracing assist, road sign assist, sampai auto high beam.

(InsideEVs)

Beda Segmen?

Walau bukan berada di segmen kelas premium, tapi Ioniq 5 juga memiliki fitur lengkap, dari headunit 12,3 inci sampai fitur keselamatan Hyundai SmartSense. Paket ini sudah termasuk fitur high beam assist, smart cruise control, driver attention warning, hingga blind spot view monitor. Kurang lebih fiturnya hampir serupa dengan bZ4X, tapi sudah disesuaikan oleh masing-masing produsen.

Ioniq 5 memiliki jarak tempuh 481 km, sedangkan bZ4X bisa sejauh 500 km. Mobil listrik Hyundai tersebut memiliki motor listrik bertenaga 214 dk dan torsi 340 Nm, sementara bZ4X hanya dengan tenaga sebesar 204 dk dan torsi 266 Nm. Dengan ini, Ioniq 5 mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,4 detik, dan bZ4X hanya 8,3 detik saja.

Untuk harganya sudah jauh berbeda, dengan Ioniq 5 dibanderol mulai dari Rp 748 juta sampai Rp 859 juta, sedangkan untuk bZ4X tembus Rp 1,190 miliar. Memang harganya jauh berbeda, mengingat Ioniq 5 sudah dirakit di Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: