Categories: MotoGP

Hanya Ada 1 Rookie di MotoGP 2023

RiderTua.com – Line-up pembalap di kelas MotoGP untuk musim 2023 sudah lengkap sejak GP Aragon. Pembalap Moto2 Augusto Fernandez akan menjadi satu-satunya rookie tahun depan. Pada awal September, tim MotoGP terakhir mengumumkan skuat mereka. Repsol-Honda telah mengkonfirmasi Joan Mir sebagai pembalap kedua bersama Marc Marquez selama 2 tahun. Tim satelit RNF Aprilia menghadirkan Miguel Oliveira dan Raul Fernandez sebagai pembalapnya.

Hanya Ada 1 Rookie di MotoGP 2023

Dengan mundurnya Suzuki Ecstar, jumlah pembalap akan berkurang dari 24 menjadi 22. Itu berarti, dua rookie harus gigit jari. Remy Gardner dan Darryn Binder (yang langsung terjun dari Moto3 ke MotoGP di RNF-Yamaha 2022) harus tersingkir. Mereka berdua terpaksa mencari kelas baru. Gardner akhirnya pindah ke Kejuaraan Dunia Superbike dengan GRT-Yamaha, sedangkan Darryn Binder bergabung dengan Kejuaraan Dunia Moto2 dengan Liqui-Moly-Husqvarna.

Pemenang GP Thailand dan GP Indonesia 2022, Miguel Oliveira menandatangani kontrak awal dengan Aprilia Racing pada paruh kedua bulan Juni. Saat itu, pembalap asal Portugal itu memutuskan untuk berlaga di Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 di tim satelit baru RNF Aprilia milik Razlan Razali.

Di malam hari usai GP Mugello pada 29 Mei, dia memberi tahu rencananya tentang perubahan merek kepada kepala krunya Paul Trevathan dan tim teknisinya di Red Bull-KTM. Dan 3 minggu kemudian, di GP Sachsenring dia secara terbuka menjelaskan bahwa dia akan meninggalkan KTM.

Tawaran kontrak kerja 3 tahun untuk tim GASGAS Tech3 yang diajukan Stefan Pierer, Hubert Trunkenpolz dan Pit Beirer tidak mengubah keputusan ayah sekaligus manajer Paulo Oliveira dan putranya Miguel di GP Austria untuk tetap hengkang dari KTM. Pemilik tim Gresini Ducati Nadia Padovani juga gagal mencapai kesepakatan dengan pemenang empat kali MotoGP asal Portugal itu.

Dalam wawancara, CEO KTM Stefan Pierer sudah menjelaskan di GP Austria siapa yang akan menggantikan Remy Gardner di GASGAS Tech3-Factory Team 2023. “Augusto Fernandez tampil sangat baik di Moto2 musim ini. Dia berasal dari keluarga yang sangat bersih dan layak. Dia memiliki lingkungan yang sangat baik,” puji Stefan Pierer.

Selain Pol Espargaro, tim GASGAS Tech3 juga akan diperkuat penantang gelar Moto2 Augusto Fernandez pada tahun 2023. Pol Espargaro yang 5 kali finis ke-3 pada tahun 2020 di Red Bull-KTM dan kehilangan peringkat 3 di kejuaraan dunia dengan hanya selisih 4 poin, sudah lama menjadi pembalap nomor 1 di KTM.

“Mungkin Miguel akan kembali kepada kami dalam 1 atau 2 tahun. Pintu selalu terbuka untuknya,” kata Stefan Pierer.

BTW, setelah Suzuki mundur, 6 merek juga akan bersaing di Kejuaraan Konstruktor pada tahun 2023. Motor GASGAS akan identik dalam konstruksi dengan KTM RC16, tetapi mereka akan tetap dianggap merek mereka sendiri seperti di Moto3, di mana Pierer Group bahkan menggunakan 4 merek dengan motor identik yakni KTM, GASGAS, Husqvarna dan CFMOTO.

Tim Pabrikan MotoGP 2023:

  • Red Bull KTM (Brad Binder, Jack Miller)
  • Ducati Lenovo (Pecco Bagnaia, Enea Bastianini)
  • Monster Yamaha (Fabio Quartararo, Franco Morbidelli)
  • Aprilia Racing (Aleix Espargaro, Maverick Vinales)
  • Repsol Honda (Marc Marquez, Joan Mir)

Tim Satelit 2023:

  • Tech3-GASGAS (Pol Espargaro, Augusto Fernandez)
  • Prima Pramac Ducati (Johann Zarco, Jorge Martin)
  • RNF-Aprilia (Miguel Oliveira, Raul Fernandez)
  • Mooney VR46 Ducati (Luca Marini, Marco Bezzecchi)
  • Gresini Racing Ducati (Alex Marquez, Fabio Di Giannantonio)
  • LCR Honda (Alex Rins, Takaaki Nakagami)

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024