Daftar Kepala Kru Pembalap MotoGP 2023

RiderTua.com – Setelah musim ini, sejumlah pembalap MotoGP bertukar tempat dan sejumlah kepala kru juga berganti pit. Di Red Bull-KTM, insinyur asal Selandia Baru Paul Trevathan akan kembali bersama Pol Espargaro, dulu selama 4 tahun pernah bersama (mulai 2017 hingga 2020) di Tim GASGAS Tech3 Factory, yang selama 2 tahun terakhir bersama Miguel Oliveira. Dan Jack Miller akan membawa kepala krunya Cristhian Pupulin dari Ducati ke Red Bull-KTM.

Kepala Kru Pembalap MotoGP 2023

Calon pembalap Ducati Lenovo Enea Bastianini tidak akan lagi bekerja dengan kepala krunya Alberto Giribuola. Insinyur asal Italia itu merawat runner-up MotoGP tiga kali Andrea Dovizioso di tim pabrikan Ducati selama bertahun-tahun, tetapi di musim 2020 dia lebih banyak memihak pembalap dalam diskusi teknis antara Gigi Dall’Igna dan Dovi. Itu sebabnya dia tidak menemani Bestia ke tim pabrikan.

Giribuola akan mengikuti rekan senegaranya Fabiano Sterlacchini, Marco Bertolatti dan Francesco Guidotti yang pindah ke Pierer Group. Dia akan bekerja sebagai analis dan mengurus pengembangan bersama dengan Direktur Teknik Sterlacchini. Kini Ducati Corse menugaskan kepala kru Johann Zarco sebelumnya, Marco Rigamonti ke Bastianini untuk tahun 2023.

Tahun depan Suzuki tidak ada di grid MotoGP lagi.. semua berubah

Maverick Vinales juga mendapat dukungan tambahan. Aprilia telah merekrut Jose Manuel Cazeaux (saat ini kepala kru Alex Rins di Suzuki). Vinales pernah bekerja dengannya selama 2 tahun di Suzuki pada 2015 dan 2016 dan memperkenalkannya ke Aprilia. Pada bulan Agustus, ‘tugas khusus’ untuknya masih dibahas. Dia harus mengambil peran utama bersama Direktur Teknik Romano Albesiano dan membebaskannya dari pengembangan lebih lanjut.

Di tim satelit RNF Aprilia, Miguel Oliveira akan memiliki Giovanni Mattarollo asal Italia (sebelumnya dengan Vinales) sebagai kepala kru baru. Ini akan memungkinkan Jose Manuel Cazeaux untuk berlabuh dengan Maverick sebagai kepala kru baru. Sementara Raul Fernandez akan mengambil alih Noe Herrera yang kini menjadi kepala kru Darryn Binder. Keduanya saling mengenal sejak mereka bersama di tim Red Bull KTM-Ajo.

Joan Mir akan bergabung dengan Repsol-Honda bersama Ramon Aurin yang kini menjadi kepala kru Pol Espargaro selama 2 tahun. Mir sebenarnya ingin membawa kepala krunya Frankie Carchedi dari Suzuki, tetapi karena hasil yang biasa-biasa saja di 2 musim ini, rider asal Mallorca tidak memiliki posisi negosiasi yang kuat di HRC.

Seorang kepala teknisi baru harus dipekerjakan untuk Johann Zarco di Prima Pramac-Ducati-Team. Dia mendapatkan Massimo Branchini yang sekarang bersama Augusto Fernandez. Dan Daniele Romagnoli akan terus menjaga Jorge Martin.

Di Gresini Racing, Alex Marquez akan bersama Donatello Giovanotti chief engineer dari Diggia. Fabio Di Giannantonio akan diasuh oleh Frankie Carchedi (sebelumnya bersama Joan Mir di Suzuki).

Juga akan ada perubahan personel di Tim GASGAS Tech3 milik Herve Poncharal. Kepala kru sebelumnya Nicolas Goyon akan menjadi manajer tim tim MotoGP GASGAS .

Catatan untuk musim 2022, Cal Crutchlow membawa kepala krunya Silvano Galbusera dari tim penguji Yamaha ke WithU-Yamaha. Karena itu, setelah GP Misano dan Andrea Dovizioso pensiun, Roman Forcada pindah ke seri balap Junior.

Tim MotoGP dan Kepala Kru 2023:

No. Bike       Team     Rider       Chief
1 Yamaha Monster Energi Fabio Quartararo Diego Gubellini
2 Yamaha Monster Energi Franco Morbidelli Patrick Primmer
3 Honda Tim Repsol Honda Marc Marquez Santi Hernandez
4 Honda Tim Repsol Honda Joan Mir Ramon Aurin
5 Ducati Tim Ducati Lenovo Pecco’ Bagnaia Christian Gabarrini
6 Ducati Tim Ducati Lenovo Enea Bastianini Marco Rigamonti
7 KTM KTM Red Bull Brad Binder Andrew Madrid
8 KTM KTM Red Bull Jack Miller Cristhian Pupulin
9 Aprilia Aprilia Racing Aleix Espargaro Antonio Jimenez
10 Aprilia Aprilia Racing Maverick Vinales Jose Manuel Cazeaux
11 Ducati Prima Pramac Johann Zarco Massimo Branchini
12 Ducati Prima Pramac George Martin Daniel Romagnoli
13 Honda LCR Honda Alex Rins Christopher Bourguignon
14 Honda LCR Honda Takaaki Nakagami Giacomo Guidotti
15 GasGas GASGAS Tech3 Pol Espargaro Paul Trevathan
16 GasGas GASGAS Tech3 Agustus Fernandez Alex Merhand
17 Aprilia Tim Aprilia RNF Miguel Oliveira Giovanni Mattarollo
18 Aprilia Tim Aprilia RNF Raul Fernandez Noah Herrera
19 Ducati Gresini Alex Marquez Donatello Giovanotti
20 Ducati Gresini Di Giannantonio Frankie Carchedi
21 Ducati Mooney VR46 Luca Marini David Munoz
22 Ducati Mooney VR46 Marco Bezzecchi Matteo Flamigni

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: