Categories: MotoGP

Pecco Bagnaia: Lebih Kompetitif Dibandingkan 2019

RiderTua.com – Pecco Bagnaia membutuhkan beberapa lap dalam satu-satunya sesi latihan hari Jumat di Twin Ring Motegi untuk membangun feeling. Pembalap Ducati itu melakoni balapan terakhir GP Jepang sebagai rookie MotoGP di tim Pramac pada 2019. “Saya senang dengan hari ini, karena saya punya sedikit masalah di awal karena kami tidak membalap di sini selama 2 tahun. Awalnya cukup aneh. Saya harus kembali ke pit dan ganti motor kedua karena ada sesuatu yang hilang pada motor pertama, tapi bisa diatasi dengan motor kedua,” kata Francesco Bagnaia, menyimpulkan hari Jumatnya di Motegi. Jelas dia merasa lebih kompetitif dibandingkan 2019 saat masih di tim satelit Pramac..

Pecco Bagnaia: Lebih Kompetitif Dibandingkan 2019

“Saya butuh waktu, saya harus melatih feeling saya pada motor. Dalam dua lap terakhir, feeling saya luar biasa dan kecepatannya juga bagus. Kami siap jika balapan di trek kering, kami hampir meningkat 100 persen dari potensi kami. Tapi yang terpenting hari ini adalah masuk 10 besar. Karena sepertinya besok akan hujan,” ujar rider berusia 25 tahun itu.

Bagnaia mencapai target ini karena berada di tempat ke-2, hanya 0,028 detik di belakang waktu terbaik hari ini yang ditetapkan oleh rekan setimnya Jack Miller.

Untuk pertama kalinya sejak musim rookie Bagnaia di kelas utama, MotoGP kembali di Jepang sejak 2019. Banyak yang telah berubah pada motor sejak saat itu. Dimulai dengan ride height devices yang sekarang berfungsi dengan baik, sebuah sistem yang diuji Jack Miller pertama kali di Motegi pada 2019.

Apakah sekarang Twin Ring terasa seperti trek yang berbeda? “Bagi saya, ya. Sejauh ini saya berhasil mengalahkan catatan waktu terbaik tahun 2019. Tetapi motor saya benar-benar berbeda pada 2019 dibandingkan dengan motor pabrikan. Itu sangat sulit bagi saya. Saya perlu waktu untuk meningkatkan diri, tetapi saya tidak bisa melakukannya. Jadi saya punya masalah besar,” kata pembalap murid VR46 Academy itu, yang notabene finis ke-13 di GP Jepang 2019.

Bagnaia melanjutkan, “Tahun ini benar-benar berbeda. Motor lebih kompetitif. Saya pikir saya membuat langkah maju yang besar dibandingkan dengan 2019. Jadi ini adalah kolaborasi yang membantu saya. Rear Ride Height Device pasti sangat membantu di trek seperti ini.”

Faktanya, Bagnaia lolos ke posisi 14 dalam waktu 1:47,594 menit pada 2019. Waktu terbaik pribadinya pada hari Jumat adalah 1:44.537 menit atau 3 detik lebih cepat!

Apakah di Twin Ring, Ducati bisa tampil sangat bagus? “Treknya bagus untuk kami karena fase pengereman. Namun saat berakselerasi, sulit untuk mengeluarkan semua power di trek karena bias wheelie. Jadi lebih sulit untuk membuat perbedaan di sini,” analisa pembalap pabrikan Ducati itu.

Bagaimana Bagnaia dan krunya bekerja untuk menempatkan kekuatan di trek dengan lebih baik? Tentang elektronik? “Ini untuk para teknisi. Saya hanya mencoba untuk menjadi kompetitif dan menyampaikan feeling saya kepada tim. Saya biasanya lebih suka ketika elektronik di motor saya tidak terlalu mengganggu. Saya lebih suka mengendalikan motor dengan gas atau rem belakang. Ini lebih baik karena filternya lebih kecil saat itu. Tapi di awal, hari ini cukup aneh, karena level gripnya tidak tinggi. Jika kami menganggap, kita tidak balapan di sini selama 2 tahun, catatan waktunya sangat cepat,” pungkas Pecco Bagnaia.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024