Categories: MotoGP

Promosi MotoGP Jake Dixon Ditunda Hingga 2024?

RiderTua.com – Dorna dan penggemar GP Inggris mengharapkan kontrak GASGAS MotoGP untuk Jake Dixon. Tapi pergantian kelas rider asal Inggris itu terpaksa harus ditunda. BTW, beberapa tahun yang lalu ‘Motor Cycle News’ menulis tentang ‘invasi Inggris’ di kelas MotoGP, ketika Cal Crutchlow, Scott Redding, Eugene Laverty, Smith dan pembalap seperti bintang superbike Jonathan Rea mendesak memasuki kelas premier (MotoGP). Namun, sekarang tidak ada satu pun pembalap Inggris di Kejuaraan Dunia MotoGP, meskipun Cal Crutchlow akan mengikuti balapan yang tersisa di WithU-RNF-Yamaha untuk menggantikan Andrea Dovizioso yang pensiun, namun dia bukanlah pembalap reguler, sehingga jelas kurang ‘bergengsi’ bagi penggemar MotoGP Inggris.

Keseimbangan pembalap dan asal negara perlu, apalagi jika negera tersebut menggelar balapan, ada ‘pahlawan lokal’ yang menarik penonton ‘domestik’ yang jelas GP Inggris perlu pembalap ‘akamsi’, di mana saat ini di MotoGP di dominasi 9 pembalap Spanyol (Marc Marquez,  Aleix Espargaro, Alex Marquez, Alex Rins, Joan Mir, Jorge Martin, Maverick Vinales, Pol Espargaro, Raul Fernandez). Dan 6 Italia (Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, Franco Morbidelli, Luca Marini, Marco Bezzecchi).

Promosi MotoGP Jake Dixon Ditunda Hingga 2024?

Itulah sebabnya baru-baru ini media Spanyol dan Inggris berspekulasi bahwa Dorna akan memberi tekanan pada Pierer Group dan Jake Dixon (peringkat 7 dalam klasemen Moto2, pada tahun 2022 berhasil empat kali finis di tempat ke-3 di tim GASGAS Kalex milik Jorge ‘Aspar’ Martinez) untuk dipromosikan ke MotoGP.

Jake Dixon

Dorna sangat tertarik untuk memasukkan pembalap Inggris ke Kejuaraan Dunia. Pertama untuk promosi GP Silverstone dan kedua untuk hak siar TV berbayar BT Sports yang didanai dengan baik, yang telah diyakinkan secara kontrak bahwa mereka akan berusaha keras untuk menempatkan pembalap Inggris di setiap kelas Kejuaraan Dunia.

Di MotoGP, sekarang tidak ada satu pun seorang pembalap reguler asal Inggris. Moto2 menampilkan Dixon, sedangkan Moto3 ada pembalap asal Skotlandia John McPhee (Husqvarna). Serta tim Vision Track Honda Michael Laverty yang menampilkan Scott Odgen dan Joshua Whatley. Kebetulan, McPhee harus dipromosikan ke kelas Moto2 setelah musim ini karena alasan usia.

Namun penggemar MotoGP Inggris harus bersabar. “Untuk tahun 2023, Dixon tidak akan mendapat tempat di kelas utama. Tapi kami berharap dia bisa bertarung untuk memperebutkan gelar dunia Moto2 pada 2023 dan kemudian naik kelas,” ujar salah satu anggota panitia seleksi dalam wawancara.

Dixon yang berusia 26 tahun (61 penampilan di Moto2) terbiasa menangani motor berkapasitas tinggi. Sebelum karir Moto2-nya dia berada di peringkat 2 di British Superbike Championship. Pada tahun 2021, Dixon sudah diperbolehkan menunggangi Yamaha MotoGP. Ketika Vinales dipecat dari Yamaha, dia mengikuti balapan MotoGP di Silverstone dan Aragon bersama Petronas-Yamaha untuk menggantikannya.

Karena Franco Morbidelli dipromosikan ke tim pabrikan Yamaha bersama Fabio Quartararo, Dixon diizinkan untuk debut bersama Valentino Rossi di Petronas M1. Dia melewati garis finis di Inggris (tanpa tes sebelumnya) di tempat ke-19, di Aragon dia crash dalam balapan. Setelah itu, Morbidelli dan Dovizioso mengambil alih dua tempat di Monster dan Petronas mulai GP Misano-1.

Manajer Dorna memikirkan aspek komersial dari MotoGP dan karenanya menyesali kepergian Remy Gardner. “Sangat disayangkan Augusto Fernandez, pembalap asal Spanyol lainnya datang ke MotoGP dan Jack Miller satu-satunya asal Australia. Kami bahkan lebih memilih pembalap asal Jerman atau Inggris yang lebih lambat ketimbang pembalap asal Spanyol yang lebih cepat,” kata seorang manajer Dorna.

Bahkan, supremasi pembalap Spanyol di MotoGP akan terus tumbuh pada 2023. Dengan Jorge Martin, Maverick Vinales, Aleix dan Pol Espargaro, Alex Rins, Joan Mir, Marc dan Alex Marquez, Raul Fernandez dan rookie Augusto Fernandez, ada 10 pembalap Spanyol akan terlibat untuk pertama kali di lintasan yang menyusut menjadi 22 pembalap.

Selain itu, ada juga 6 pembalap asal Italia. Pecco Bagnaia, Enea Bastianini, Franco Morbidelli, Luca Marini, Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio. Itu membuat 19 pembalap asal negara selatan Eropa plus Miguel Oliveira asal Portugal. Selain itu, ada juga dua pembalap Prancis (Quartararo, Zarco) serta Jack Miller (Australia), Taka Nakagami (Jepang) dan Brad Binder (Afrika Selatan).

Tags: motogp
Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Skutik Italia yang Klasik, Lambretta Resmi Rilis G350 Series II

RiderTua.com - Lambretta, merupakan pabrikan motor asal Italia yang punya desain skutik klasik legendaris. Baru-baru ini mereka telah meluncurkan skutik…

5 Mei 2024

Davide Brivio Ingin Membawa Trackhouse Aprilia Seperti Suzuki

RiderTua.com - Davide Brivio, Manajer tim Trackhouse itu bertujuan untuk mempertemukan mantan pembalap Suzuki Joan Mir dan Alex Rins dalam…

5 Mei 2024

Gresini Mengalami Momen Emas Sejak Marquez Tiba

RiderTua.com - Carlo Merlini, manajer tim Gresini, antusias usai podium diraih Marc Marquez di Jerez. Kemenangan keenam tim satelit di…

5 Mei 2024

KTM Menemukan Sesuatu yang Menarik di Tes Jerez

RiderTua.com - Francesco Guidotti, manajer tim KTM, menyampaikan pendapatnaya setelah tes terakhir, apakah kita akan melihat motor KTM RC16 yang…

5 Mei 2024

John Hopkins : Joe Roberts Pantas Berada di MotoGP

RiderTua.com - Pada balapan terakhir Moto2 di Jerez, Joe Roberts berhasil memimpin klasemen. John Hopkins yang merupakan salah satu pembalap Amerika…

5 Mei 2024

Assen Perpanjang Kontrak MotoGP dan Superbike Hingga 2031

RiderTua.com - Jika kita sebut nama salah satu sirkuit pasti kita akan mengingat kejadian atau aksi dari pembalap yang tak…

4 Mei 2024