Kesalahan Pertama Puig adalah Mendepak Dani Pedrosa keluar dari HRC

Repsol Honda Team RiderTua.com –  Di musim MotoGP 2022, tim sayap emas hanya mengoleksi satu podium, pada balapan pertama di Qatar dengan Pol Espargaro. Setelah itu, banyak kesalahan yang dilakukan dalam tahap pengembangan dan seterusnya hingga paruh pertama berakhir. Karena di GP Sachsenring, tidak satu pun dari empat pembalap Honda mampu mencapai zona poin. Tetapi sejauh mana tanggung jawab kesalahan ini dapat dibebankan kepada Alberto Puig?..

Kesalahan pertama Puig adalah mendepak Dani Pedrosa keluar dari HRC dan menggantinya dengan Jorge Lorenzo. Alasannya di saat terpuruk seperti ini Honda butuh ‘rider pengembang sejati’.. Lorenzo ‘ego’ nya beda dengan Dani, apalagi dibandingkan Pol, level kematangan seorang pembalap jauh dibanding level ‘Little Samurai’… Dan berikutnya ‘daftar kesalahan’ Puig menurut: Manolo Burillo, mantan manajer Sito Pons, adalah sebagai berikut..

Ada yang memprediksi bahwa akan ada yang dipecat di Honda setelah periode tiga tahun MotoGP yang sulit ini, di mana Honda hanya mengumpulkan tiga kemenangan yang diperoleh oleh Marc Marquez. Crash Jerez 2020 telah membuka kekosongan yang akan sulit untuk diisi, kesalahan telah dibuat, RC213V belum membuat langkah maju yang nyata dibandingkan dengan versi 2021. Dan HRC terpaksa mengganti seluruh line-up pembalap kecuali sang juara (Marc) yang terikat kontrak hingga 2024. Apakah Alberto Puig masih tetap dipertahankan Honda dari posisinya sekarang?

Manolo Burillo - Axel Pons - Josep Crivillé - Sito Pons - MotoGP
Manolo Burillo – Axel Pons – Josep Crivillé – Sito Pons – MotoGP

Pendapat Mantan Manajer Sito Pons

Cara kerja manajer tim Repsol Honda tidak banyak disukai oleh beberapa pakar MotoGP. Manolo Burillo, mantan manajer Sito Pons, dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan Nico Abad tidak setuju dengan cara kerja yang dilakukan Puig. “Mungkin crash Marquez di Jerez juga terjadi karena kegilaannya (Puig). Karena Alberto, ketika Marc berada di urutan ketiga, dengan brutal melambaikan tangannya (meminta lebih cepat lagi) seolah-olah itu adalah balapan terakhir dalam hidup Marc atau di Kejuaraan… Alberto memberi tekanan dan berteriak pada para pembalap “.

Menurutnya kesalahan nyata pertama dari manajer tim, menurut Burillo, adalah mendorong Dani Pedrosa keluar dari barisan Honda. “Saya sama sekali tidak setuju dia memecat Pedrosa… Untuk menempatkan Jorge Lorenzo yang menyerah setelah balapan ketiga. Dan dia membuat kesalahan dengan Alex Marquez, hampir menjatuhkannya di balapan pertama. Dan kemudian juga dengan Pol Espargaro. Untuk alasan ini, kebijakan  HRC menjadi bencana,” katanya..

Bagaimana Pendapat Alberto Puig tentang Situasi Honda?

Alberto Puig yang juga mantan pembalap Spanyol itu justru memberi tuntutan kepada para pemimpin tim Jepang.. “Yang benar adalah kami harus memperbaiki dan mengubah prosedur kami, itulah yang kami coba lakukan.. Kami harus mencoba sedikit mengubah cara berpikir kami… Mungkin kami membutuhkan lebih banyak pengaruh dari Eropa atau lebih banyak dukungan di Jepang, banyak hal lainnya. Tapi mungkin kita harus mengubah cara semuanya bekerja sekarang,” kata Puig selama akhir pekan di Assen.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page