Hyundai Stargazer ‘Meminjam’ Platform-nya Kia Carens?

RiderTua.com – Hyundai Stargazer dipastikan akan diluncurkan pada tahun ini di Indonesia. Mobil low MPV penantang Avanza dkk tersebut menjanjikan sejumlah fitur mumpuni serta kabin yang luas. Diketahui Hyundai Stargazer memakai platform yang sama dengan Kia Carens. Tapi jelas Hyundai memberikan sedikit modifikasi untuk menyesuaikan dengan modelnya.

Baca juga: Kia Carens Jalani Tes Tabrak Global NCAP, Ini Hasilnya

Hyundai Stargazer Memakai Platform Serupa Dengan Carens

Mungkin banyak orang yang sudah tahu kalau Hyundai dan Kia sudah lama tergabung dalam aliansinya sendiri. Sehingga dengan ini keduanya dapat mengembangkan mobil baru bersama-sama. Terbukti dengan hadirnya beberapa model kembar seperti Sonet-Creta hingga Carnival-Staria yang dijual di pasar.

Namun sepertinya mereka ingin terus menghadirkan produk kembarnya, kali ini dalam model MPV kompak atau di Indonesia lebih dikenal sebagai low MPV. Kia sendiri sudah menghadirkan generasi terbaru Carens di Tanah Air beberapa waktu lalu. Kini giliran Hyundai yang mempersiapkan peluncuran model kembarnya, yaitu Stargazer.

(Motor1)

Platform Sama

Disebut mobil kembar karena baik Carens maupun Stargazer mengusung platform yang sama. Platform ini disebut juga dipakaikan pada model Sonet dan Creta sebelumnya, jadi yang satu ini didesain khusus untuk model MPV. Mungkin tidak akan terlalu mengejutkan kalau Carens dan Stargazer bakal memiliki kelegaan kabin yang hampir serupa satu sama lain.

Walau memakai platform yang sama, bentuk bodi Stargazer sepertinya dibuat lebih mirip dengan Staria ketimbang Carens. Tapi tetap saja, Hyundai menyesuaikan desainnya agar bisa memasuki segmen yang cukup menjanjikan bagi mereka. Terlebih segmen LMPV di Indonesia kini semakin ketat setelah Avanza-Xenia-Veloz generasi terbaru hadir.

Sejauh ini Hyundai belum mengumumkan tanggal peluncuran Stargazer di Indonesia, sementara Kia Carens sudah dijual duluan. Model ini memang masih didatangkan langsung dari India.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page