Kia Carens Jalani Tes Tabrak Global NCAP, Ini Hasilnya

RiderTua.com – Kia Carens kini sudah dijual di India dan Indonesia sebagai model generasi kedua. Tentunya mobil baru harus menjalani tes tabrak untuk melihat seberapa amankah model tersebut. Dari pengujian yang dilakukan, Kia Carens hanya mendapat rating tiga bintang dari Global NCAP. Nampaknya masih ada yang kurang dari LMPV tersebut.

Baca juga: Kia Carens Inden Sampai 1,5 Tahun di India!

Kia Carens Hanya Mendapat Tiga Bintang Dari Global NCAP

Sejak diluncurkan di Negeri Bollywood, banyak konsumen yang tertarik untuk membeli All New Carens tersebut. Bahkan dengan indennya yang menumpuk membuat waktu tunggunya bisa selama 1,5 tahun disana. Tapi mungkin ini hanya terjadi di India, sementara di Indonesia pemesanannya masih belum sebanyak di negara tersebut.

Carens baru saja menjalani tes tabrak yang dilakukan oleh Global NCAP (New Car Assessment Program). Tentu tujuan dari tes tabrak ini yaitu untuk melihat keamanan dari mobil ini saat terjadi tabrakan, maupun kelengkapan fitur keselamatannya. Namun setelah melalui berbagai macam tes, All New Carens ternyata hanya mendapat rating tiga dari total maksimal lima bintang.

(The Financial Express)

Bodi Mobil Kurang Kokoh

Padahal Carens generasi terbaru sudah dilengkapi dengan fitur seperti enam airbag yang sudah menjadi fitur standarnya. Tapi yang menyebabkan skornya cukup rendah yaitu karena struktur bodi mobil yang kurang kokoh saat terjadi tabrakan. Akibatnya, perlindungan dada dan kaki penumpang masih kurang baik, bahkan seatbelt di bangku baris kedua hanya ada dua buah saja.

Carens sempat diuji coba bersama dengan mobil rakitan India lainnya, yaitu Mahindra XUV 700. Tapi bedanya, XUV 700 sanggup mendapatkan rating lima bintang, jauh lebih baik dari LMPV Kia tersebut. Ini membuat Global NCAP berharap Kia bisa meningkatkan kualitas pada struktur bodi Carens.

Meskipun dengan sejumlah fitur mumpuni, dengan bodi mobil yang lemah saja masih beum cukup untuk memberikan perlindungan ekstra saat terjadi tabrakan. Semoga saja Kia bisa menjadikan hasil tes tabrak ini sebagai evaluasi untuk membuat Carens menjadi lebih baik lagi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page