Balapan Pembuka Musim 2023 Bukan Qatar Tapi Portimao

RiderTua.com – Untuk pertama kalinya sejak 2007, awal musim MotoGP 2023 mendatang tidak akan berlangsung di Sirkuit Internasional Losail di Doha-Qatar. Tetapi kemungkinan besar akan digelar di Autodromo Internacional do Algarve di Portimao, tanggal 12 atau 19 Maret tahun depan. Dari sana kemudian berlanjut ke balapan luar Eropa yakni di Mandalika, Termas de Rio Hondo dan Texas sebelum musim berlanjut di Jerez. Tanggal akhir belum diketahui hingga akhir September nanti, karena petinggi Dorna sedang berkoordinasi dengan bos Formula 1 Stefano Domenicali untuk menghindari tanggal tumpang tindih.

Balapan Pembuka Musim 2023 Bukan Qatar Tapi Portimao

Dalam 16 tahun terakhir, balapan awal musim telah berlangsung di padang pasir di Timur Tengah. Pada tahun 2008 sebagai balapan malam hari untuk pertama kalinya, dan pada tahun 2020 hanya kelas Moto3 dan Moto2 yang bertanding.

Setiap tahun sejak 2007, mitra kontrak Dorna dari Qatar Motorcycling Federation (QMMF) telah menggelontorkan anggaran tambahan yang besar dan kuat untuk mendapatkan kehormatan dan peningkatan atensi sebagai pembuka musim.

Namun untuk Maret 2023 mendatang, trek balap tersebut tidak akan menjadi pembuka musim untuk MotoGP karena harus dibangun kembali dan disesuaikan untuk Kejuaraan Dunia Formula 1.

Pada tahun 2021, Sirkuit Losail tercantum di kalender Formula 1 untuk pertama kalinya karena balapan di Asia dibatalkan. Tetapi infrastruktur yang sederhana, secara khusus meninggalkan banyak hal yang diinginkan, itulah sebabnya investasi besar harus dilakukan sekarang. Karena di Bahrain, Abu Dhabi, dan Arab Saudi, ajang Formula 1 dimanjakan oleh trek balap bak dongeng.

Sirkuit Jerez di Spanyol terakhir kali menjadi pembuka musim kejuaraan dunia balap motor pada 26 Maret 2006. Lintasan di Andalusia itu juga akan diperdebatkan untuk tahun 2023, tetapi Dorna diperkirakan akan lebih menyetujui Portimao. Di mana sebuah balapan MotoGP diadakan untuk pertama kalinya di Spanyol pada November 2020 karena balapan di luar Eropa dibatalkan, tiga balapan lagi digelar pada April dan November 2021, lalu GP Portugal pada 18 April 2022.

Perubahan juga direncanakan untuk tes musim dingin. Tes shakedown MotoGP akan berlangsung di Sepang-Malaysia pada 31 Januari, diikuti oleh tes MotoGP IRTA mulai 3 hingga 5 Februari.

Kemudian tes MotoGP kedua akan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu dua minggu sebelum dimulainya musim di Eropa. Kemungkinan besar di Portimao pada awal Maret. Tes ini akan disiarkan di televisi.

Hanya satu tes IRTA yang akan berlangsung untuk kelas Moto3 dan Moto2, dan itu akan dilakukan pada akhir pekan sebelum pembukaan musim seperti di Qatar pada tahun 2020.

Peraturan tes untuk tim juga berubah. Di kelas Moto3 dan Moto2, hanya 4 kali bukan 7. Tes pribadi yang diizinkan antara balapan final musim 2022 dan 2023, karena seharusnya ada 21 balapan di kalender lagi.

“Dengan begitu banyak balapan, tes selama 4 hari sudah cukup, karena kami tidak punya banyak waktu lagi karena ada banyak balapan,” kata rekan tim Moto3 Husqvarna, Peter Ottl.

Hanya pendatang baru di kelas yang diizinkan untuk menguji sebanyak yang mereka inginkan setelah balapan final, terlepas dari periode larangan tes pada bulan Desember dan Januari.

BTW, GP Sachsenring akan berlangsung pada 18 Juni, dan GP Austria direncanakan pada 20 Agustus.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page