Suzuki Pertimbangkan Produksi Baterai Mobil di Indonesia?

RiderTua.com – Suzuki Ertiga Hybrid kini sudah dihadirkan di Indonesia dan menjadi mobil hibrida termurah sejauh ini. Namun mereka merasa kalau harga jualnya masih belum bisa dikatakan terjangkau, karena yang menyebabkan harganya mahal yaitu baterainya. Sehingga Suzuki berniat untuk memproduksi baterainya sendiri di Tanah Air. Walau mereka belum memastikan kapan mereka bisa memulainya.

Baca juga: Suzuki Bisa Hadirkan Mobil Hybrid Murah, Ini Rahasianya?

Suzuki Berniat Memproduksi Baterai Mobilnya Sendiri?

Sejauh ini sudah ada berbagai jenis mobil ramah lingkungan yang dijual di Indonesia. Kebanyakan masih berupa mobil hybrid, walau kini sudah terisi oleh model lainnya seperti PHEV hingga listrik murni. Walau Ertiga Hybrid sudah menjadi mobil hibrida termurah di Tanah Air.

Meski terjangkau harganya, tapi Suzuki merasa kalau ini saja belum cukup. Terlebih mereka juga tahu penyebab dari mahalnya harga mobil ramah lingkungan di Indonesia yaitu komponen baterainya. Walaupun Suzuki bisa merakit mobilnya secara lokal, tapi tidak dengan baterai mobilnya yang masih didatangkan dari luar negeri.

(JPNN.com)

Produksi Sendiri

Oleh karena itu, Suzuki berencana untuk bisa merakit baterai mobilnya sendiri, atau dikenal sebagai lokalisasi. Meskipun ada beberapa komponen kecil yang tetap didatangkan dari luar negeri, setidaknya mereka masih bisa merakit baterainya. Dengan begitu, Suzuki tak perlu khawatir lagi dengan harga jual mobil ramah lingkungannya yang terbilang mahal.

Sebenarnya rencana membangun pabrik baterai mobil sudah dilakukan sejak lama. Yang terbaru, LG diketahui sudah mendirikannya di Batang, Jawa Tengah, dan tinggal merakit baterainya. Namun entah apakah produsen mobil lainnya bakal mengandalkan pabrik baterai LG tersebut atau tidak.

Yang jelas, rencana Suzuki dalam merakit baterai mobil secara lokal terdengar cukup bagus. Apalagi sejauh ini belum ada produsen mobil yang memproduksi baterai di Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page