Secara Finansial, BMW Motorrad Mampu ke MotoGP

RiderTua.com – Segala sesuatu akan bisa terjadi karena adanya: Niat, Kesempatan dan Kemampuan (Uang). Secara finansial, BMW Motorrad dapat menangani Kejuaraan Dunia MotoGP sebagai produsen sepeda motor terbesar kedua di Eropa. Meski menghadapi tantangan besar, BMW Motorrad menutup tahun 2021 dengan rekor penjualan yang fantastis. Dengan terjual 194.261 unit (+14.8%), 2021 merupakan tahun terbaik dalam sejarah BMW Motorrad (2020 terjual 169.272 unit). Selain itu BMW dan MotoGP telah menjalin kemitraan sejak 1999, seperti dengan Mobil Safety dan Official Safety Bike seperti dalam gambar. Serta jangan lupa ada BMW M Award yang merupakan pilar penting dalam keterlibatan BMW M GmbH sebagai ‘Official Car of MotoGP’. Sejak 2013, peraih kualifikasi terbaik di MotoGP akan mendapatkan mobil performa tinggi eksklusif di setiap akhir musim.

“Sejak kemitraan dimulai pada 1999, BMW M GmbH selalu membuat kami terkesan. Dalam kolaborasi kami, BMW M GmbH dengan jelas mengekspresikan hasratnya terhadap motorsport,” kata Carmelo Ezpeleta di GP Valencia 2021.

Di Kejuaraan Dunia Superbike, BMW hanya memenangkan 13 balapan sejak 2009, 9 kali dengan Marco Melandri, 3 kali dengan Chaz Davies dan satu kemenangan dengan Michael van der Mark.

MotoGP Lebih Murah Dibanding 15 Tahun Lalu

Karena ECU standar dan ban standar, biaya finansial di MotoGP akan jauh lebih rendah ketimbang 15 tahun lalu. Anggaran sebesar 15 hingga 20 juta euro (Rp 230-307 miliar) per tahun sudah cukup. BMW juga membelanjakannya untuk SBK dan EWC hari ini, tetapi ‘pengembalian investasi’ berkali-kali lebih tinggi di kelas utama.

BMW M GmbH telah memasok Dorna dengan mobil resmi untuk kejuaraan dunia sejak 1999. Franciscus van Meel selaku CEO BMW M GmbH bersama dengan Carmelo Ezpeleta mempersembahkan mobil sport kepada pemenang ‘Penghargaan Kualifikasi Terbaik MotoGP BMW’ setiap tahun. Fabio Quartararo memenangkannya pada 2020 dan 2021.

Selama hampir 2 tahun hingga sekarang, departemen motorsport BMW (juga memenangkan Kejuaraan Dunia Formula 1 dengan Nelson Piquet) telah membangun superbike M1000RR selain mobil balap untuk pertama kalinya.

Apakah kedatangan BMW ke MotoGP dinilai terlambat mengingat kedepan motor pembakaran internal akan disaingi oleh sepeda motor listrik? (meskipun masih lama bingit untuk ‘mengalahkan’ motor bensin).. ada pepatah yang mengatakan: lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali… 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page