Kei Car yang Masih Difavoritkan di Jepang Hingga Kini

RiderTua.com – Kei car boleh dibilang sebagai segmennya mobil mungil, karena rata-rata modelnya berukuran cukup kecil. Tapi jangan salah, mobil jenis ini sangat difavoritkan oleh konsumen di Jepang. Sebenarnya kei car sudah ada sejak tahun 1949 di Negeri Sakura. Mungkin ini menjadikannya sebagai salah satu jenis mobil tertua yang masih dijual sampai sekarang.

Baca juga: Penjualan Mobil Turun 15,9 Persen, Pasar Belum Stabil

Kei Car Sudah Ada Sejak Tahun 1949 di Jepang

Mobil jenis ini pertama kali diperkenalkan di Negeri Sakura pada tahun 1949 oleh pemerintah setempat. Saat itu kondisi ekonominya sedang terpuruk akibat situasi yang terjadi, sehingga membuat masyarakat kesulitan membeli kendaraan baru, terutama mobil. Oleh karena itu, pemerintah Jepang mulai menghadirkan mobil berukuran mungil yang dikenal sebagai kei car.

Untuk bisa menjual kei car tentu tak semudah yang diduga, karena persyaratannya cukup ketat. Pada awalnya, syarat untuk membuat kei car yaitu mobil harus memiliki panjang 2,8 meter, lebar satu meter, dan tinggi 2 meter. Tak hanya itu, mesinnya juga dibatasi dengan kapasitas 100 cc dua tak dan 150 cc 4 tak.

(Carscoops)

Mobil ‘Mini’

Walau syaratnya cukup ketat, keberadaan kei car terbukti mampu meningkatkan penjualan mobil di Jepang saat itu. Model seperti Subaru 360 mampu terjual hingga 300 ribu unit, menjadikannya kei car terlaris di masanya. Kesuksesan Subaru dalam mengembangkan mobil jenis ini akhirnya membuat merek lainnya mulai membuat model serupa.

Dengan berkembangnya zaman, aturan kei car terus mengalami perubahan. Kini mobil jenis ini memiliki dimensi lebih besar dari sebelumnya, sementara mesinnya masih dibatasi hingga dibawah 700 cc. Tapi produsen dapat memasangkan turbo pada mesinnya untuk menambah performanya.

Sejak saat itu, populasi kei car semakin bertambah banyak dan bervariasi jenisnya. Ada yang hadir sebagai sportcar, ada juga yang berupa mobil keluarga.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page