Alex Rins: Pemenangnya adalah Pembalap yang Mampu Mengelola Ban dengan Baik

RiderTua.com – Setelah tiga balapan berturut-turut gagal mencetak poin, Alex Rins ingin tampil maksimal dan kembali mencetak poin di GP Catalunya. Prestasi pembalap Suzuki MotoGP itu di balapan kandangnya cukup mengesankan. Pada 2020, Rins berada di podium ke-3 dan pada tahun 2019 dia finis ke-4. Di balapan di Montmelo kali ini, pembalap berusia 26 tahun itu start dari posisi ke-7 di grid. Kalah 0,4 detik dari rekor pole Aleix Espargaro (Aprilia), tetapi hanya terpaut 0,2 detik dari Fabio Quartararo (Yamaha) yang berada di posisi ke-3 di grid. “Kunci suksesnya adalah, mendapatkan posisi start yang baik dan dapat mengelola ban untuk melibas jarak balapan dengan cara terbaik. Kecepatan saya mirip dengan Aleix, Fabio, dan Pecco. Pemenangnya adalah yang mampu mengelola ban dengan baik,” jelas rekan setim Joan Mir itu.

Alex Rins: Pemenangnya adalah Pembalap yang Mampu Mengelola Ban dengan Baik

“Saya masih belum memutuskan apakah saya akan memakai ban hard atau medium. Yang lebih sulit sehingga membutuhkan beberapa lap untuk pemanasan, tetapi kemudian tetap konsisten. Kompon medium punya cengkeraman dan traksi yang lebih baik, tetapi kemudian habis hanya dalam 1 detik. Saya tidak tahu, kita lihat saja nanti,” ungkap Rins.

Pilihan ban mau tidak mau sangat menentukan dalam strategi balap. Jika Rins memilih ban medium, dia bisa tampil kuat di lap-lap pertama. “Jika saya bisa mendapatkan posisi untuk memimpin balapan dan mendapatkan celah, saya akan mencoba. Tapi itu akan menjadi pekerjaan yang sulit karena biasanya kita lebih sering memakai ban,” jelas rider asal Spanyol itu.

“Saya mungkin akan lebih berhati-hati dengan ban saya. Saya juga tidak yakin apakah Aleix dapat menjaga kecepatannya dari latihan, selama jarak penuh balapan. Mungkin dia akan memimpin balapan untuk sementara waktu, tetapi kemudian disalip oleh pembalap lain di lap terakhir. Ini bukan keputusan yang mudah bagaimana melakukannya,” pungkas suami Alexandra Perez itu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page