Categories: MotoGP

Marc Marquez: Dukungan Luar Biasa dari Honda

RiderTua.com – Setelah menyelesaikan GP Mugello di posisi ke-10 dan menempati peringkat 9 dalam klasemen, Marc Marquez terbang ke Rochester (Minnesota-AS), di mana dia akan menjalani operasi pada bahu kanan dan lengan atasnya. Bahu ini sudah tidak stabil setelah mengalami sejumlah dislokasi dan selanjutnya dipengaruhi oleh patah tulang lengan atas di Jerez pada Juli 2020 dan crash berikutnya. Sekedar informasi, pada 13 Desember 2018, pembalap Repsol Honda itu menjalani operasi bahu kirinya yang dilakukan Dr Xavier Mir. Dan setahun kemudian, gantian bahu kanannya yang dioperasi.

Untuk itulah pembalap berusia 29 tahun itu berpikir bahwa tidak ada gunanya terus ‘touring’ (red: tidak agresif dan menyerang ) di trek dan hanya finish di tempat 5 sampai 10. Manajer Honda juga merasakan hal yang sama, jadi dia memutuskan untuk menghentikan musim dan menjalani operasi. Marc Marquez mendapat dukungan penuh dari Honda atas keputusannya menjalani operasi humerus keempat.

Marc Marquez: Dukungan Luar Biasa dari Honda

Selama 4,5 tahun, Juara Dunia MotoGP 6 kali itu belum sepenuhnya kembali kekuatannya. Bahkan, pada tahun 2018 bahu kanan Marc sempat keluar dari sendi.

Sekarang Marc Marquez dirawat di Mayo Clinic yang terkenal di Amerika, di mana Barry Sheene (Juara Dunia Suzuki 500cc pada tahun 1976 dan 1977) menjalani diet protein pada tahun 2002 karena dia tidak ingin menjalani operasi untuk kanker esofagusnya. “Saya dilahirkan dengan seluruh tubuh yang utuh, saya tidak akan membiarkannya terpotong-potong,” jelas pembalap asal Inggris itu beberapa bulan kemudian sebelum meninggal karena kanker pada usia 52 tahun.

Marc Marquez mendapat dukungan penuh dari Honda untuk mendukung keputusannya menjalani operasi humerus keempat. “Ya, saya berhubungan langsung dengan Nomura-san, yang merupakan manajer paling senior. Selain itu, juga dengan Presiden HRC Kobayashi dan Kuwata. Manajer tim Alberto Puig terus memperbarui informasi dan memberi tahu mereka setiap saat. Dalam fase kritis ini, saya selalu berbicara dengan mereka secara pribadi. Saya telah menyebutkan beberapa kali, bahwa saya merasakan banyak dukungan di Honda pada 2020 dan 2021. Sekarang saya merasakan dukungan yang sama,” ungkap kakak Alex Marquez itu.

Baby Alien itu menambahkan, “Saya bilang, jika saya terus dalam kondisi seperti ini, saya akan selalu finis di posisi 5 hingga 10. Mungkin bahkan saya bisa naik podium di beberapa balapan. Tapi kemudian saya mendengar dari Honda, ‘Tidak, kesehatan dan hidup kamu lebih penting. Lakukan yang terbaik untuk dirimu dan kami menunggu kamu kembali’. Ini adalah dukungan luar biasa yang datang dari Honda.”

Tapi Marquez sadar bahwa, Honda RC213V semakin tertinggal dari kompetisi di musim 2022, setelah hanya memenangkan 3 balapan tahun lalu dan bahkan belum sekalipun naik podium musim ini.

Lantas, apakah Marc takut tidak akan bisa memperebutkan kemenangan dan gelar meski kesehatannya sudah pulih, apalagi sudah berbulan-bulan dia tidak bisa memberikan masukan apapun untuk memperbaiki motornya?

“Insinyur Honda bekerja dan berusaha untuk meningkatkan motornya. Saya tidak tahu apakah saya bisa menang lagi dengan tubuh yang sempurna, atau apakah kami akan mendapat banyak masalah. Tapi Honda tahu, perbaikan sangat diperlukan. Mereka akan berusaha sangat keras. Kami mendapatkan suku cadang baru, yang kita perlukan untuk membuat kemajuan,” pungkas Marc Marquez.

This post was last modified on 1 Juni 2022 07:25

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Penjualan Wuling Binguo Menurun Drastis Bulan Lalu?

RiderTua.com - Wuling kini memiliki tiga mobil listrik yang dijual di Indonesia, terdiri dari Air EV, Binguo, dan Cloud EV.…

19 Maret 2024

Miguel Oliveira : Tim Trackhouse Punya Banyak Potensi

RiderTua.com - Segalanya belum berjalan baik bagi Miguel Oliveira mengingat Tim Trackhouse masih dalam tahap pengembangan. Rider asal Portugal itu…

19 Maret 2024

Toyota Masih Memimpin Penjualan Mobil di Indonesia Bulan Lalu

RiderTua.com - Toyota masih mempertahankan penjualan mobilnya di Indonesia dengan 23 ribu unit yang terjual sepanjang bulan lalu. Secara keseluruhan,…

19 Maret 2024

Marc Marquez : Saat Duel Melawan Pedro Acosta Saya Bilang Saya akan ‘Switch On’

RiderTua.com - Secara mengejutkan, rookie Pedro Acosta mampu menyalip juara dunia MotoGP 6 kali Marc Marquez di GP Qatar. Namun…

19 Maret 2024

Di MotoGP Portugal Marc Marquez akan Tampil Brutal

RiderTua.com - Debut Marc Marquez dengan Ducati diawali dengan hasil yang luar biasa. Pendatang baru tim Gresini itu finis ke-5…

19 Maret 2024

Fermin Aldeguer Menandatangani Kontrak dengan Ducati Corse untuk MotoGP 2025

RiderTua.com - Penandatanganan Fermin Aldeguer Mengual dengan Ducati untuk musim MotoGP 2025 akhirnya resmi. Pengumuman yang sangat dinanti telah tiba,…

19 Maret 2024