Yamaha Tak Punya Tim Satelit? Fabio Quartararo: Tak Masalah

RiderTua.com – Pada hari Jumat di Mugello, Fabio Quartararo mengeluh bahwa dia tidak punya feeling untuk Yamaha M1-nya. “Motornya sangat-sangat mirip dengan tahun lalu,” keluh pembalap berusia 23 tahun itu. BTW, mengenai kepindahan tim RNF Racing ke Aprilia, apakah hal ini akan semakin mempersulit Yamaha untuk melakukan pengembangan? “Kami bahkan belum melihat data tim (satelit) sejak awal tahun. Saya tidak tahu rencana Yamaha. Tetapi jika mereka hanya punya dua motor tahun depan (tanpa tim satelit), tentu tidak akan menjadi masalah bagi Yamaha,” jawab El Diablo.

Yamaha Tidak Punya Tim Satelit? Fabio Quartararo: Tidak Masalah

Pada latihan bebas hari pertama di Mugello, Fabio Quartararo hanya berada di urutan ke-9 dan terpaut 0,628 detik di belakang waktu terbaik Aleix Espargaro (Aprilia). Saat dia ditanya apakah dia puas dngan hasil itu? Rider asal Prancis itu menjawab, “Saya tidak senang dengan kecepatan saya atau lap tercepat saya. Saya tidak tahu mengapa, tetapi feeling saya benar-benar berbeda dari tahun lalu. Motor kami benar-benar mirip, tetapi saya tidak punya feeling yang sama. Kami harus menemukan sesuatu, pada hari Sabtu kami akan balapan dengan set-up yang sama seperti tahun lalu. Aku tidak merasa istimewa hari ini, sudah lama aku tidak merasa seperti itu.”

Apakah paket aeronya berbeda? “Ya, top speed sedikit lebih meningkat. Tapi motor melakukan banyak wheelies. Paket aero mirip dengan tahun lalu, tapi di luar tikungan kami terlalu banyak wheelies. Itu tidak membuatnya mudah. Tapi kami membuat keputusan itu. Bahkan jika fairing baru hanya membutuhkan 0,001 detik, kami akan menerimanya,” imbuh rekan setim Franco Morbidelli itu.

Di mana wheelies sangat terlihat? “Saat keluar tikungan 3, 5, 9, 11 dan sebelum tikungan 12. Sangat sulit di sana karena tepat sebelum titik pengereman. Jika saya ingin 0,001 detik di trek lurus, maka saya hanya perlu beradaptasi. Tentu ada sisi positif dan negatifnya,” lanjut Fabio.

Apakah Fabio khawatir karena ada 6 Ducati di 8 besar? “Di Mugello, itu normal. Juga dengan Aprilia. Kita tidak dapat mengubahnya. Kami tahu itu akan sulit bagi kami di sini. Saya tidak senang karena saya tidak nyaman dengan motor dan catatan waktu saya buruk. Saya merasa bisa melakukan lebih baik, tidak hanya lebih dari satu lap, kecepatan saya juga tidak bagus. Saya melahap lap tercepat saya dengan ban depan hard, tetapi kami tidak mempunyai yang kedua untuk mengejar waktu. Tidak masalah menggunakan ban depan medium, tapi saya ingin menyerang dengan ban hard,” tegas El Diablo.

Apakah dia cukup percaya diri bertarung melawan Ducati? “Tidak ada yang tidak mungkin, tapi itu akan sangat sulit. Pertama, kita harus melihat bahwa saya mendapatkan feeling normal saya kembali di sektor 3. Biasanya motor kami adalah salah satu yang paling stabil di tikungan 8 dan 9, tapi ketika saya sampai di sana, itu menggeliat. Kita tidak bisa mengikuti Ducati di sana seperti itu. Kami tahu, kami harus mendapatkan segalanya dengan sempurna untuk mengikuti kecepatan mereka. Seperti tahun lalu, yang terjadi saat ini adalah sebaliknya,” pungkas Fabio.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page