Mazda Urungkan Niat Jualan Mobil Listrik di Indonesia?

RiderTua.com – Mazda sebenarnya merupakan merek mobil yang memiliki produk berkualitas tinggi dan bagus-bagus. Terlebih mereka juga sudah punya beberapa model ramah lingkungan, dari PHEV sampai listrik murni. Namun Mazda belum punya niatan untuk berjualan mobil listrik di Tanah Air. Sebab mereka masih menunggu keputusan lebih lanjut dari pihak prinsipal.

Baca juga: Mazda CX-60 Hadir di Indonesia Akhir Tahun Ini!

Mazda Belum Punya Rencana Menjual Mobil EV

Dari sejumlah model yang ditawarkannya di Indonesia, tak ada satupun yang menjual model ramah lingkungan. Padahal merek senegaranya seperti Toyota saja sudah memiliki mobil hybrid hingga listrik murni, walau dari divisi mobil mewahnya. Sementara merek dari Korea Selatan seperti Hyundai juga mulai agresif dalam menghadirkan mobil listrik di Tanah Air.

Mazda sebenarnya memiliki model EV yang dijual di pasar, yaitu MX-30. Model ini memang sudah lama dihadirkan di sejumlah negara di Eropa dan termasuk di kampung halamannya. Walau ada varian hibridanya, namun MX-30 sudah dikenal sebagai mobil listrik pertama dari Mazda.

(Autoblog)

Tunggu Waktunya

Karena berupa mobil SUV, seharusnya MX-30 ini bisa menjadi lawan yang setara bagi Hyundai Ioniq 5, atau paling tidak Lexus UX 300e di Indonesia. Namun Mazda belum bisa membawanya begitu saja karena masih menunggu aba-aba dari pihak prinsipal. Apalagi untuk menjual mobil listrik disini perlu beberapa persiapan khusus, seperti penjualan dan ketersediaan suku cadangnya.

Sebenarnya memang mobil EV yang dijual saat ini rata-rata masih diimpor dari luar negeri, dan Mazda juga bisa melakukannya. Namun dengan keterbatasan infrastruktur pendukung membuat mereka berpikir dua kali untuk melakukannya. Sehingga Mazda harus menunggu sampai waktunya tiba untuk meluncurkannya.

Berbicara soal mobil baru, Mazda sudah mengkonfirmasi akan menghadirkan model CX-60 di Indonesia lewat EMI (Eurokars Motor Indonesia). Namun modelnya baru bisa dirilis sekitar akhir tahun ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page