Data dan Statistik GP Le Mans: Honda Pabrikan Paling Sukses

RiderTua.com – Seri ke-7 MotoGP 2022 akan berlangsung di Le Mans akhir pekan ini (13-15 Mei). Seperti diketahui, Fabio Quartararo datang ke balapan kandangnya di sirkuit Bugatti sebagai pemimpin klasemen. Pembalap Monster Energy Yamaha itu akan mencoba melakukan segalanya untuk memperlebar keunggulannya di klasemen secara keseluruhan di depan para penggemar negaranya sendiri. Honda adalah pabrikan paling sukses di Le Mans. Merek asal Jepang itu mampu meraih total 15 kemenangan di kelas MotoGP. Kemenangan terakhir diraih oleh Marc Marquez pada 2019, sekaligus menandai kemenangan ke-300 Honda di kelas utama. Dan inilah data statistik lengkap dan beberapa fakta menarik tentang GP Prancis..

Data dan Statistik GP Le Mans

Di sisi lain, Yamaha terakhir kali menang di Le Mans pada 2017 berkat Maverick Vinales. Pabrikan berlogo garpu tala itu total membukukan 10 kemenangan Le Mans. Dan pembalap Yamaha berhasil meraih pole position dalam 2 tahun terakhir.

Berkat Chris Vermeulen, Suzuki merayakan kemenangan di wet race pada 2007. Ducati juga mendulang kesuksesan di sirkuit sepanjang 4.185 km itu dalam2 tahun terakhir. Tahun 2021 lalu Jack Miller menang disana, setelah pada 2020 Danilo Petrucci merengkuh kemenangan. Pada balapan 2020, KTM finis ke-3. Sedangkan hasil terbaik Aprilia di Le Mans adalah finis ke-8 yang dicetak oleh Noriyuki Haga pada 2003.

Cuaca selalu memainkan peran penting di GP Prancis. Sejauh ini, dari 20 balapan di Le Mans, 11 balapan diantaranya berlangsung dalam kondisi hujan atau setidaknya wet race.

Tahun ini ada 5 pemenang berbeda dalam 6 balapan (Enea Bastianini 2 kali, Miguel Oliveira, Aleix Espargaro, Fabio Quartararo dan Pecco Bagnaia). Itu juga yang terjadi pada tahun 2020, ketika ada 6 pemenang berbeda dari 7 balapan. Jadi apakah akan ada pemenang ke-6 lain di balapan akhir pekan ini?

Fabio Quartararo meraih podium ke-23 di kelas MotoGP di Jerez bersama Yamaha. Dia hanya terpaut 1 podium dari Maverick Vinales, yang telah membukukan 24 podium bersama Yamaha. Valentino Rossi memuncaki statistik itu. Rider pemilik tim Mooney VR46 itu total menorehkan 142 podium dengan Yamaha M1-nya.

Aleix Espargaro berhasil membukukan 3 podium pada 2022, dan ini rekor untuk Aprilia. Belum pernah pabrikan yang berbasis di Noale itu meraih 3 podium dalam 1 musim dan belum pernah 2 kali naik podium dalam 2 balapan berturut-turut (Portimao dan Jerez).

Di GP Spanyol baru-baru ini, Bagnaia menang di depan Quartararo dan Aleix Espargaro. Ketiganya start dari barisan depan dan menyelesaikan balapan persis seperti posisi mereka saat start. Ini seperti yang terjadi di GP Malaysia pada 2016 (Andrea Dovizioso, Rossi, Jorge Lorenzo).Jadwal MotoGP Prancis

Setelah Alex Rins gagal finis di balapan terakhir, ini artinya hanya ada 2 pembalap tersisa di lintasan yang selalu mencetak poin di 6 balapan musim 2022. Mereka adalah Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro, dimana mereka berdua pemimpin klasemen.

Sementara itu Marco Bezzecchi finis di urutan ke-9 di Jerez. Rider Mooney VR46 itu memimpin klasemen rookie dengan 15 poin. Di belakangnya ada Darryn Binder (6 poin) dan Remy Gardner dengan 3 poin.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives