Eksklusif: Yamaha dan Fabio Quartararo Setuju Perpanjang Kontrak

RiderTua.com – Berita eksklusif mengenai masa depan Fabio Quartararo di Yamaha baru saja diungkap. Juara Dunia MotoGP 2021 itu akan tetap bersama Yamaha hingga akhir 2024. Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing mengungkapkan bagaimana pabrikan asal Jepang itu berhasil ‘merayu’ pemimpin klasemen itu untuk tetap bersama mereka. Yamaha dan Fabio Quartararo setuju perpanjang kontrak selama 2 tahun ke depan. Meskipun Quartararo belum bisa langsung menandatangani kontrak. Masih ada beberapa detail yang harus dibahas. Tapi Lin Jarvis yakin akan diumumkan bulan Juni, di mana salah satu paket tersebut tentunya juga akan mencakup kenaikan gaji Quartararo yang ‘lumayan’..

Eksklusif: Yamaha dan Fabio Quartararo Setuju Perpanjang Kontrak

Pada Sabtu sore sekitar pukul 17.30 (waktu setempat) di paddock sirkuit Angel Nieto Jerez, dilakukan negosiasi antara manajer Fabio Quartararo dengan Yamaha yang diwakili oleh Lin Jarvis. Setelah beberapa menit, pintu terbuka dan Lin Jarvis melangkah keluar ditemani oleh Eric Mahe. Mantan pembalap asal Prancis itu adalah manajer Loris Baz dan Fabio Quartararo.

Lin Jarvis sama sekali tidak tampak tertekan, dia terlihat sangat ceria dan sangat lega. Setelah melakukan pertemuan dengan Eric Mahe, dia dalam suasana hati yang sangat baik. Sesaat kemudian, keduanya mengucapkan selamat tinggal dengan ramah.

Hasil negosiasi mengenai rencana perpanjangan kontrak Fabio Quartararo untuk tahun 2023 dan 2024 baru saja usai. Kelihatannya hal ini sangat memuaskan bagi Yamaha. Dan dalam wawancara eksklusif, Lin Jarvis mengungkapkan jalannya kesepakatan ini.

Pada bulan Maret, Jarvis memberi tahu bahwa Yamaha harus bisa meyakinkan Fabio bahwa paket yang kuat akan dikembangkan di Jepang selama 2 tahun ke depan. Dan tidak ada tekanan waktu dan dia tidak diberi tenggat waktu untuk membuat keputusan. Bagaimana hasilnya sekarang?

Jarvis menjawab, “Tidak ada yang bisa menjamin hasil tahun depan. Tidak ada yang tahu level apa yang mungkin bisa kita capai. Tapi saya pikir kami benar-benar jauh dari ekspektasi tahun ini. Terutama di area di mana sangat dibutuhkan kemajuan, yaitu top speed, performa mesin, dan akselerasi.”

“Sekarang kami sedang mengerjakan perbaikan tertentu sepanjang musim. Kami punya sesuatu yang baru di Portimao, kami memiliki lebih banyak hal untuk Jerez, kami memiliki lebih banyak informasi untuk tes hari Senin. Kami punyai rencana untuk tahun ini untuk menebus kerugian kami sebanyak mungkin.”

“Tapi Fabio tidak akan menandatangani kontrak dengan kami berdasarkan paket tahun ini. Ini tentang apakah dia memiliki kepercayaan pada paket kami untuk 2023 dan 2024. Kami sangat terbuka dan jujur ​​dengannya. Kami meminta maaf kepadanya atas kesulitan yang kami sebabkan padanya tahun ini dan yang masih ada.”

“Kami telah menjelaskan apa rencana kami untuk masa depan. Kami telah menjelaskan hal ini di berbagai tingkat manajemen. Baik di tingkat manajemen, di tingkat manajer proyek, di tingkat manajer umum dan bersama kami dari kepemimpinan tim.”

“Kami tidak bisa mempercepat proses pengambilan keputusan. Kami tidak bisa berharap untuk meyakinkan pembalap dalam waktu seminggu. Kita harus memahaminya, kita harus merasakannya. Tapi saya bisa merasakan, Fabio mengerti bahwa kami akan kembali dengan paket sekuat mungkin dan dengan investasi yang akan membuat perbedaan tahun depan.”

Masalah Gaji

Paket tersebut tentunya juga akan mencakup kenaikan gaji yang lumayan. Karena bakat luar biasa seperti Fabio Quartararo hanya muncul setiap 10 tahun sekali. “Ya, tentu saja,” tegas Jarvis.

Quartararo berhasil melampaui semua pembalap Yamaha lainnya pada tahun 2021. Tidak ada yang berubah pada tahun 2022. Nilainya pada pertukaran pembalap telah meningkat pesat. “Ya, tetapi kami juga tidak menyalahkan pembalap pabrik kami yang lain untuk itu. Semuanya berharga dan berusahalah,” imbuh Jarvis.

“Tapi tidak diragukan lagi, Fabio memiliki sesuatu yang spesial. Dia mampu memaksimal paket motor kami. Dan kita selalu membayar pembalap untuk potensinya. Kita tidak membayar dia untuk performa masa lalu. Kita membayarnya untuk kemungkinan hasil di masa depan. Dan ini semua tentang menjawab pertanyaan, bagian apa yang dapat ditambahkan pembalap ke paket teknologi dengan keahliannya?”

“Proposal kami untuk tahun depan berbeda dari paket saat ini. Tapi sekarang kami juga punya materi yang kuat, karena Fabio sukses memenangkan kejuaraan dunia pada tahun 2021. Saya pikir kami tak hanya akan mencapai kesepakatan dengan Fabio, juga pada aspek keuangan. Aku percaya itu. Saya yakin tentang itu sekarang.”

“Fabio kembali percaya pada proyek kami untuk masa depan. Saya berharap kerja sama dengan Fabio Quartararo berlanjut selama 2 tahun ke depan. Pada saat yang sama, saya ingin menekankan bahwa kami belum bisa langsung menandatangani kontrak. Masih ada beberapa detail yang harus dibahas. Tapi saya yakin kita bisa go public dengan kabar baik di bulan Juni,” pungkas Manajer Yamaha itu.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives