Toyota Sienta Masih Jadi Unggulan di Pasar Ekspor

RiderTua.com – Toyota Sienta masih terus diproduksi di Indonesia sampai sekarang. Walaupun mobil MPV pintu geser ini sudah tak terlalu populer di kelasnya, seiring dengan makin sedikitnya model serupa yang dijual di pasar. Tapi Toyota Sienta tetap menjadi andalan ekspor ke luar negeri. Inilah alasan kenapa Toyota tak mau menyuntik mati Sienta.

Baca juga: Toyota Prioritaskan Kualitas Fortuner Khusus Pasar Australia

Toyota Sienta Tetap Jadi Andalan Ekspor ke Luar Negeri

Dari sekian mobil MPV yang dijual Toyota di Indonesia, Sienta hampir jarang mendapat penyegaran. Terakhir model ini mendapat penyegaran berupa varian Welcab serta sedikit facelift. Sejak saat itu, Sienta tak pernah lagi terdengar kabarnya, seakan tenggelam oleh hadirnya All New Avanza-Veloz.

Diketahui kalau kini Sienta hanya tersedia dalam spot order, artinya mobil baru diproduksi ketika mendapat pesanan dari konsumen. Jadi tak heran kenapa model ini hanya terjual 17 unit sepanjang periode Januari hingga Maret 2022. Hasil tersebut memang jauh lebih kecil dari yang diduga, meskipun secara retail Sienta masih bisa terkirim hingga 100 unit.

(Toyota Astra Motor)

Lebih Laris

Menariknya, Sienta masih terus dipertahankan oleh Toyota Indonesia sampai sekarang. Padahal rivalnya seperti Honda Freed sudah lama tak dijual di Indonesia, dan satu persatu pesaing di kelasnya sudah banyak yang berkurang. Tapi itu tak membuat Toyota menghentikan produksinya begitu saja, karena Sienta masih diandalkan di pasar ekspor.

Ada dua negara yang masih menerima Sienta, yaitu Singapura dan Thailand. Oleh karena itulah, Toyota terus memproduksi Sienta, meskipun kebanyakan unitnya diekspor ke luar negeri. Tapi setidaknya model ini masih lebih laris jika dibandingkan dengan penjualan domestiknya.

Walau dengan kondisi penjualannya yang cukup kecil, Toyota tetap takkan menyuntik mati Sienta di Tanah Air. Mereka ingin menyediakan MPV yang bisa diandalkan bagi keluarga.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives