Marc Marquez Pemenang Seri MotoGP Terbanyak di Grid 2022

RiderTua.com – Setelah pensiunnya Valentino Rossi tahun ini (dengan 89 wins), Marc Marquez kini mengalahkan semua rivalnya dalam hal membukukan kemenangan terbanyak di kelas utama. Pembalap Repsol Honda itu menjadi pemenang MotoGP terbanyak di grid 2022. Dia berhasil merayakan 59 kemenangan sejak debutnya di kelas utama pada 2013. Jika kemenangan dari 23 rivalnya semua digabungkan, hanya berjumlah 56 kemenangan.  14 dari 24 pembalap reguler MotoGP berhasil menang setidaknya sekali di kelas utama. Setelah 200 kali start Aleix Espargaro baru bisa menang di kelas utama.. Sejauh ini, pembalap yang belum menorehkan kemenangan di kelas MotoGP antara lain Johann Zarco, Pol Espargaro, Taka Nakagami, Alex Marquez, Luca Marini dan rookie Raul Fernandez, Remy Gardner, Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio dan Darryn Binder. Apakah Marc Marquez akan menambah banyak lagi rekor kemenangannya dan semakin mustahil untuk dikejar?. Mungkin menunggu alien gen-x lahir…

Marc Marquez Pemenang MotoGP Terbanyak di Grid 2022

Marc Marquez
Marc Marquez

Andrea Dovizioso mencatatkan 15 kemenangan, Maverick Vinales 9 kali, sementara juara bertahan Fabio Quartararo 8. Pecco Bagnaia dan Miguel Oliveira masing-masing memiliki 4, Jack Miller, Franco Morbidelli dan Alex Rins membukukan 3 kemenangan. Brad Binder dan Bastianini masing-masing memiliki 2. Joan Mir, Jorge Martin dan Aleix Espargaro setidaknya pernah 1 kali menang di kelas utama.

BTW, sebelum awal musim, Aleix Espargaro adalah satu-satunya dari 24 pembalap reguler MotoGP yang belum pernah menang sekalipun di kelas mana pun. Sejak GP Argentina di Termas de Rio Honda, rider Aprilia berhasil ‘pecah telur’ pada usia 32 tahun dan 247 hari. Dan menjadikannya pemenang debut MotoGP tertua kedua setelah Troy Bayliss (37 tahun dan 213 hari) di Valencia 2006.

Pembalap berusia 32 tahun itu juga menang untuk pertama kalinya dalam balapan ke-200 di kelas utama. Tidak ada yang harus menunggu selama itu untuk meraih kemenangan perdana. Danilo Petrucci membutuhkan 124 start di kelas sebelum dia menang pada 2019.

Daftar Jumlah Kemenangan Rider MotoGP di grid 2022:

  1. Marc Marquez: 59 kali
  2. Andrea Dovizioso: 15
  3. Maverick Vinales: 9
  4. Fabio Quartararo: 8
  5. Pecco Bagnaia: 4
  6. Miguel Oliveira: 4
  7. Jack Miller: 3
  8. Franco Morbidelli: 3
  9. Alex Rins: 3
  10. Brad Binder: 2
  11. Enea Bastianini: 2
  12. Joan Mir: 1
  13. Jorge Martin: 1
  14. Aleix Espargaro: 1

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives