Aleix Espargaro: Semua Salahku!

RiderTua.com – Aleix Espargaro mengatakan baik motor RS-GP dan dia tidak cocok dengan trek COTA-Amerika. Harapan rider Aprilia MotoGP itu untuk tetap bisa memperebutkan podium tidak terwujud di Austin. Bahkan pemenang GP Termas itu harus kalah dari rekan setimnya Maverick Vinales di lap terakhir. Setelah hanya finis di posisi ke-11, dia harus mengembalikan tahta klasemen kepada pemenang dua kali musim ini, Enea Bastianini (Gresini Ducati). Pembalap berusia 32 tahun itu turun dari posisi pertama ke posisi ketiga di klasemen setelah Red Bull Grand Prix of the Americas. Sepanjang balapan dia mengeluhkan masalah grip, dan dia menyalahkan keputusannya sendiri.

Aleix Espargaro: Semua Salahku

“Jalannya balapan akhir pekan sangat berat bagi saya. Jujur, saya sudah mencoba segalanya. Saya sangat fokus dan mencoba yang terbaik. Saya tidak suka trek ini dan saya pikir itu juga bukan trek terbaik untuk Aprilia. Saya sudah mencoba segalanya dan saya sangat lelah, karena balapan itu sangat sulit,”ujar Papa si kembar Max dan Mia itu.

Aleix menambahkan, “Terutama di sektor 1 saya kehilangan banyak waktu dalam perubahan arah yang cepat. Sejak lap pertama saya tidak pernah benar-benar merasa nyaman. Saya tidak memiliki grip sama sekali, itu sangat sulit untuk melakoni seluruh balapan.”

“Ini aneh karena saya memiliki kecepatan yang sangat baik pada ban bekas saat pemanasan. Saya juga merasa kuat di FP4 pada hari Sabtu. Tapi kemudian saya tidak punya grip sejak lap pertama. Saya tahu saya lambat, jadi saya hanya mencoba untuk tidak membuat kesalahan sambil menjaga kecepatan secepat mungkin.”

“Ini MotoGP, di Moto3 ada banyak insiden crash. Tapi di MotoGP pembalap tidak boleh membuat kesalahan. Kami tahu betapa pentingnya finis dengan mencetak poin. Itu adalah balapan yang sangat sulit, tetapi setidaknya saya berhasil mencetak beberapa poin. Kami berada di peringkat 3 dengan 50 poin, hanya terpaut 11 poin di belakang pemimpin klasemen. Saya senang dengan paruh pertama Kejuaraan Dunia ini, tetapi saya sangat menderita dalam balapan ini, saya tidak pernah memiliki kecepatan,” tegas Aleix.

Masalah Grip

Apakah Espargaro memiliki penjelasan untuk masalah grip? Apakah karena suhu terlalu tinggi? Pembalap asal Spanyol yang tinggal di Andorra itu menjelaskan, “Saya membuat kesalahan besar pada hari Sabtu. Jika kita naik ke Q2 melalui Q1, kita mendapatkan ban belakang soft tambahan.”

“Jadi saya memberi tahu tim saya 1 jam sebelum kualifikasi untuk memanaskan ban balap, karena saya yakin saya akan maju di Q1. Tapi saya gagal, aku crash. Tapi ban sudah terlanjur dihangatkan. Saya selalu merasa bahwa, saya tidak suka membalap dengan ban yang sudah dipanaskan. Tapi itu adalah kesalahan saya dan keputusan saya. Kami melakukan ini untuk pertama kalinya, kami tidak akan melakukannya lagi karena mungkin itu masalahnya. Itu jelas salahku.”

Trek Tidak Cocol dengan Dia dan Aprilia

Mungkinkah Aleix masih belajar sesuatu dari GP Austin? “Saya tahu, mungkin tidak terdengar seperti pernyataan yang sangat cerdas, tetapi saya hanya ingin melupakan semuanya mulai dari lap pertama FP1 hingga lap terakhir balapan. Saya ingin menghapus semuanya, termasuk perubahan yang kami coba di motor.”

Hasil race MotoGP Amerika 2022
Hasil race MotoGP Amerika 2022

Pembalap suami Laura Montero itu melanjutkan, “Kemudian treknya bergelombang, itu tidak cocok untuk saya dan juga tidak cocok dengan motor kami. Maverick jauh lebih cepat dari saya. Kami menyelesaikan balapan dengan level yang kurang lebih sama, tetapi kecepatannya lebih baik. Tapi dia finis ke-2 di sini saat masih di Yamaha, jadi jelas trek ini tidak cocok dengan motor kami. Tapi kami beruntung bahwa Texas adalah satu-satunya trek di kalender yang berkarakter seperti itu.”

“Saya pikir jika saya finis di posisi 11 dan tertinggal 10 detik di trek yang sangat sulit, itu berarti kami memiliki peluang untuk memperebutkan 5 besar di klasemen. Saya tidak sabar untuk balapan ke Portimao dan Jerez,” pungkas Aleix Espargaro, menatap optimis untuk seri berikutnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives