Yamaha E01 Mendarat di Indonesia, Bagaimana Honda?

RiderTua.com – Yamaha E01 sudah dikenalkan sejak hari pertama pameran IIMS 2022. Skuter bertenaga listrik murni ini langsung menarik perhatian banyak pengunjung yang penasaran ingin melihat modelnya. Yamaha E01 ini bahkan disebut akan menjadi lawan barunya Honda PCX Electric. Kebetulan keduanya sama-sama merupakan skuter berbodi bongsor serta bertenaga listrik.

Baca juga: Yamaha Hadirkan Skuter Listrik E01 di IIMS 2022, Mau Dijual?

Yamaha E01 Jadi Lawan Barunya Honda PCX Electric

Walaupun bukan varian barunya NMAX, tapi desain E01 hampir sama persis dengan skutik bongsor tersebut. Bedanya jelas dari sumber tenaganya yang mengandalkan motor dan baterai listrik. Sehingga E01 menghasilkan nol emisi dan lebih ramah lingkungan dari model skutik.

Sebenarnya E01 bukanlah skuter bongsor EV pertama yang dihadirkan di Indonesia. Jauh sebelumnya Honda sudah mengenalkan PCX Electric sebagai salah satu varian dari skutik unggulannya tersebut. Hanya saja tak seperti varian e:HEV, PCX Electric disediakan sebagai motor sewaan saja.

(Carmudi)

Buka Segmen Baru

Kehadiran E01 mungkin akan menganggu PCX Electric, meskipun keduanya sama-sama belum dijual di pasar. Honda sendiri tak terlalu khawatir dengan rival utamanya yang mulai meluncurkan produk serupa. Justru ini akan menjadi sesuatu yang bagus, karena berpotensi untuk membuka segmen baru di Tanah Air.

Baik Yamaha maupun Honda belum bisa menjual skuter listriknya karena masih melakukan studi pasar lebih lanjut. Mereka ingin melihat seperti apa motor listrik yang dibutuhkan konsumen serta sarana infrastruktur pendukungnya. Tak hanya itu, performa, kenyamanan, dan keselamatan motor juga dipentingkan disini.

Mungkin untuk sekarang E01 dan PCX Electric belum bisa saling bersaing di pasarnya. Tapi siapa tahu persaingannya bakal cukup ketat layaknya PCX dan NMAX.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives