Hyundai Ioniq 5 Punya Smart Cruise Control, Bukan Fitur Otonom?

RiderTua.com – Hyundai Ioniq 5 menjadi model terbaru dalam lini produk mobil EV dari merek asal Korea Selatan tersebut. Sebagai mobil ketiga yang dirakit di Indonesia, Ioniq 5 menawarkan sejumlah fitur unggulan. Tapi dari sejumlah fitur yang ada, Hyundai Ioniq 5 memiliki fitur bernama Smart Cruise Control. Namun fitur ini bukanlah fitur otonom seperti yang diduga.

Baca juga: Hyundai Mulai Bersiap Ekspor Ioniq 5 ke Luar Negeri

Hyundai Ioniq 5 Memiliki Fitur Smart Cruise Control

Biasanya mobil kelas menengah ke atas dilengkapi dengan fitur cruise control. Begitupun dengan Ioniq 5, hanya saja lebih dikenal sebagai Smart Cruise Control (SCC), jadi bukan fitur cruise control biasa. Fitur ini dipadu dengan stop-and-go function, sehingga pengemudi dapat menyesuaikan kecepatan mobil saat ada kendaraan di depan.

Tak hanya itu, fitur SCC ini juga berfungsi ketika kendaraan di depan mobil berhenti, otomatis mobil akan mengurangi kecepatan sampai benar-benar berhenti. Fungsi fitur semacam ini juga bisa ditemukan pada mobil yang memakai teknologi otonom. Namun Hyundai mengaku kalau keberadaan fitur SCC bukan berarti Ioniq 5 sudah ‘full autonomous’.

(Carscoops)

Fitur Canggih

Meskipun dibekali fitur yang canggih, Ioniq 5 tak dianggap sebagai mobil otonom karena pengaturan fiturnya masih membutuhkan kendali dari penggunanya. Terlebih ada fitur peringatan untuk memegang setir kemudi dipasangkan pada model ini. Fitur tersebut akan aktif ketika pengemudi tak memegang setir, jadi mobil masih membutuhkan kendali penggunanya.

Walau demikian, setidaknya fitur pada Ioniq 5 ini sudah cukup canggih jika dibandingkan dengan cruise control biasa. Entah apakah ke depannya Hyundai ingin mengembangkan teknologi otonom untuk mobilnya. Tapi untuk sekarang mereka akan terus mengembangkan fitur-fitur canggih lainnya.

Ioniq 5 menjadi model ketiga yang dirakit lokal di Indonesia setelah Creta dan Santa Fe. Untuk Santa Fe sendiri, awalnya model ini sempat didatangkan langsung dari luar negeri. Tapi sejak awal tahun 2022, Hyundai mulai merakitnya secara lokal.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives