Yamaha E01 dan Potensi Skuter Listrik di Indonesia

RiderTua.com – Yamaha E01 sudah dikenalkan di Benua Eropa beberapa waktu lalu bersama dengan NEO. Keduanya merupakan skuter bertenaga listrik yang hanya dihadirkan sebagai kendaraan fleet disana. Tapi belum jelas apakah Yamaha E01 bisa didatangkan ke Indonesia juga. Mengingat segmen motor listrik belum ramai dipadati oleh model serupa.

Baca juga: Yamaha Bisa Bawa NMAX World GP 60th Anniversary ke Indonesia?

Yamaha E01 Bisa Didatangkan ke Indonesia?

Segmen skuter listrik masih belum berkembang pesat layaknya kendaraan ramah lingkungan lainnya. Baru satu atau dua model yang dijual di pasar, tapi sebagian besar masih tersedia sebagai motor sewaan saja. Atau paling tidak dijual untuk konsumen fleet, dalam arti lain disediakan bagi perusahaan transportasi atau semacamnya.

Inilah yang dilakukan Yamaha saat ini dengan menghadirkan E01 dan NEO sebagai kendaraan fleet. Mereka belum mau menjualnya seperti motor lainnya karena masih ingin melihat perkembangan pasarnya. Kalau sudah berkembang cukup bagus, maka Yamaha bisa mempertimbangkan untuk menjualnya di pasar.

(Kompas Otomotif)

E01 dan PCX Electric

Dari desainnya saja E01 nampak seperti versi listrik dari NMAX, dengan modelnya yang bongsor. Tentu model ini bisa menjadi lawan yang setara dengan Honda PCX Electric di Indonesia. Apalagi keduanya sama-sama dihadirkan sebagai motor sewaan, jadi belum bisa dijual di pasar layaknya PCX e:HEV.

Namun Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa mereka belum tertarik untuk menghadirkan E01. Mereka juga masih ingin terus memantau perkembangan pasar skuter EV di Tanah Air, apakah berkembang dengan baik atau tidak. Walau sejauh ini perkembangannya cukup bagus meskipun belum banyak model yang dijual di pasar.

E01 punya potensi untuk menjadi lawan barunya PCX Electric, meskipun hanya sebagai motor sewaan. Kalau E01 dihadirkan disini, maka pasar skuter listrik akan semakin berkembang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives