Penjualan Sepeda Motor Bulan Februari 2022 Menurun?

RiderTua.com – Penjualan sepeda motor di Indonesia selalu terjual diatas 100 ribu unit tiap bulannya. Tapi itu tergantung dari kondisi pasar saat ini maupun faktor lainnya seperti distribusi stok komponen. Namun penjualan sepeda motor pada bulan Februari lalu mengalami penurunan hingga 17 persen. Hasil tersebut menurun dari bulan sebelumnya, apalagi selisihnya sudah cukup jauh.

Baca juga: Honda Daftarkan Motor Baru di Indonesia, Mirip ADV?

Penjualan Sepeda Motor Menurun di Bulan Februari

Pada bulan lalu, penjualan motor di Indonesia hanya mencapai 368.036 unit. Hasil ini mungkin masih cukup tinggi, tapi sebenarnya performa penjualannya menurun drastis jika dibandingkan dengan bulan Januari 2022. Saat itu penjualan roda dua mampu tembus 443.890 unit, sehingga selisihnya dari bulan Februari sebesar 75 ribu unit.

Ini terjadi akibat adanya keterlambatan suplai komponen untuk kebutuhan produksi sepeda motor. Nampaknya tak hanya mobil yang mengalaminya, tetapi juga sampai sepeda motor, meskipun tak hanya sebatas chip semi-konduktor saja. Selain itu, hari kerja yang pendek pada bulan Februari juga menjadi penyebab lainnya.

(Yamaha)

Bisa Pulih Kembali?

Motor matik tetap menjadi motor terlaris di Indonesia, dengan mendominasi penjualan sebesar 87,98 persen. Memang larisnya skutik di pasar roda dua sudah tak bisa diragukan lagi, apalagi banyak model yang ditawarkan. Dari skutik ‘sejuta umat’ Honda Beat sampai skutik bongsor Honda PCX atau Yamaha NMAX, semuanya laris manis diburu konsumen.

Kemudian untuk motor jenis lainnya seperti sport dan motor bebek atau moped, masing-masing menguasai pangsa sebesar 6,06 persen dan 5,95 persen. Selisihnya cukup jauh satu sama lain, tapi masih belum dapat setara dengan motor matik. Jelas karena popularitas skutik di Tanah Air masih sangat tinggi.

Walau demikian, entah apakah pada bulan ini penjualan sepeda motor bisa memulih kembali. Produsen hanya bisa melihat kondisi dari pasarnya, apakah nantinya akan membaik atau tidak.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives