Kecerdikan Marc Marquez Manfaatkan Slipstream Mir dan Pecco

RiderTua.com – Bisa dikatakan Marc Marquez tetap bermain dengan ‘kecerdikan’nya, slipstream adalah senjata paling ampuh untuk menjadi ‘booster’ instan speed saat kualifikasi dalam menentukan starting grid. Mir tidak ingin menyebut nama atau menunjuk siapa pun, tetapi jelas bahwa Marc Marquez membuat catatan waktu dengan berada dibelakang rodanya (slipstream), begitu dekat sehingga hampir menabraknya di trek lurus. Mir sempat melambat saat keluar dari pit lane, namun setelah di trek dia tetap ‘tertangkap’ oleh Marc dibelakangnya.. Tidak hanya dengan Joan Mir, Marc Marquez juga terlihat menguntit Pecco mulai pit lane dan mengikutinya hingga ke trek untuk mengambil slipstream.. Perlu diketahui Marc Marquez akan start dari front row (P-3) di strating grid MotoGP Qatar malam ini..

Suzuki tidak seperti tahun sebelumnya, baris ketiga untuk Joan Mir dan yang keempat untuk Alex Rins menunjukkan bahwa GSX-RR tetap lolos kualifikasi di kondisi lap kering.

Begitu banyak penggemar MotoGP ingin melihat apakah Rins bisa melaju tanpa hambatan saat balapan dan finis dengan kondisi lebih baik, sebuah strategi yang biasanya tidak digunakan oleh pembalap Suzuki adalah sekarang bisa start lebih baik.

“Dalam kondisi seperti hari ini, dengan angin, atau bahkan ketika angin bertiup di trek, ketika Anda mengikuti seseorang, Anda tidak terlalu mempermaalahkannya.. Saya ingin mencatatkan waktu sendirian, tetapi jelas bahwa jika Anda mengikuti pembalap lain, Anda memiliki sedikit lebih banyak keuntungan. Kita sudah tahu untuk selanjutnya, itu adalah pengalaman yang saya kumpulkan”, kata Joan Mir dengan nada tenang, tanpa ingin memicu konflik.

Mir tidak ingin menyebut nama atau menunjuk siapa pun, tetapi jelas bahwa Marc Marquez membuat catatan waktu dengan berada dibelakang rodanya, begitu dekat sehingga hampir menabraknya di trek lurus.

Strategi Berbeda

“Untuk selanjutnya, kami masih akan mengusulkan strategi yang sedikit berbeda, dan bagi kami yang terbiasa selalu melaju sendiri di klasemen, akan lebih penting untuk melakukannya dengan berada di belakang pembalap lain atau slipstream, yang selalu membantu,” katanya lebih sebagai sindiran daripada keyakinan sendiri.

Meski start dari posisi kedelapan di grid, Mir mungkin salah satu pembalap dengan kecepatan balapan terbaik akhir pekan ini, meski bukan yang terbaik. “Saya mengharapkan balapan yang biasanya terlihat di sirkuit ini, dengan start grup yang akan berkurang seiring berjalannya lap.. Bagi saya, saya berharap bisa berjuang sampai akhir, kecepatan yang kami miliki cukup bagus, saya merasa sangat baik dengan motor dan ini sangat penting. Kami start di urutan kedelapan, itu bukan posisi terbaik, tapi kami juga (terbiasa) menjalani balapan yang bagus mulai dari belakang,” pungkas juara dunia 2020 i.

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2022

1Jorge MartinPramac Ducati (GP22)
2Enea BastianiniGresini Ducati (GP21)
3Marc MarquezRepsol Honda (RC213V)
4Jack MillerDucati Lenovo (GP22)
5Aleix EspargaroAprilia Factory (RS-GP)
6Pol EspargaroRepsol Honda (RC213V)
7Brad BinderRed Bull KTM (RC16)
8Joan MirSuzuki Ecstar (GSX-RR)
9Francesco BagnaiaDucati Lenovo (GP22)
10Alex RinsSuzuki Ecstar (GSX-RR)
11Fabio QuartararoMonster Yamaha (YZR-M1)
12Franco MorbidelliMonster Yamaha (YZR-M1)
13Johann ZarcoPramac Ducati (GP22)
14Miguel OliveiraRed Bull KTM (RC16)
15Marco BezzecchiMooney VR46 Ducati (GP21)
16Takaaki NakagamiLCR Honda (RC213V)
17Luca MariniMooney VR46 Ducati (GP22)
18Alex MarquezLCR Honda (RC213V)
19Maverick ViñalesAprilia Factory (RS-GP)
20Andrea DoviziosoWithU RNF Yamaha (YZR-M1)
21Fabio Di GiannantonioGresini Ducati (GP21)
22Remy GardnerKTM Tech3 (RC16)
23Raul FernandezKTM Tech3 (RC16)
24Darryn BinderWithU RNF Yamaha (YZR-M1)

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives