Aprilia Juara Tes, Yamaha Juara Dunia

RiderTua.com – Di MotoGP juara tes belum tentu akan bagus dalam balapan, atau tidak jaminan juara, kita ambil contoh Aprila dan Yamaha saat tes Shakedown Sepang Malaysia.. Setelah 3 hari pertama tes, Stefan Bradl menilai bagaimana keseimbangan power di Honda dibandingkan dengan Ducati, KTM, Aprilia, Suzuki, dan Yamaha.. Dia tidak kaget dengan Aprilia yang mendominasi tes, ” Sudah lama kita tahu bahwa Aleix adalah ‘keajaiban satu lap’… Tes rider Yamaha biasanya selalu lambat saat tes, tapi anehnya Yamaha justru yang jadi juara dunia tahun lalu,” katanya..

Stefan menjawab, “Waktu terbaik Vinales bersama Aprilia sama sekali tidak mengejutkan. Jika sampai tes musim dingin, dia akan memenangkan 28 gelar kejuaraan dunia MotoGP. Sejak bertahun-tahun yang lalu kami tahu bahwa Aleix adalah ‘keajaiban satu lap’. Sejauh ini catatan waktu tidak memiliki banyak arti. Lihatlah tes rider Yamaha, mereka selalu berada di bawah, tapi anehnya Yamaha menjadi juara dunia pada 2021.”

Apa yang Bradl katakan tentang rookie KTM Tech3 Remy Gardner dan Raul Fernandez? “Mereka kuat, tapi Bezzecchi juga kuat. Ini bukan lagi seni bagi para rookie untuk masuk ke MotoGP dan mencatat waktu lap yang cepat. Hal ini kemudian lebih sulit untuk membalap kali ini melalui jarak balapan,” ungkap Bradl.

“Di Michelin, pengembangan ban yang memungkinkan satu lap cepat telah banyak didorong. Itu sebabnya waktu dalam tes resmi di akhir pekan akan kembali sangat berdekatan. Tetapi pada akhirnya, siapa yang memiliki speed lebih cepat selama balapan akan diperhitungkan. Kemudian biasanya tidak pernah sedekat satu lap di kualifikasi atau saat mengejar waktu di tes.”

Kehadiran Stefan Bradl tak lagi dibutuhkan Honda di Sepang akhir pekan ini, kemudian fokus akan beralih ke pembalap GP Marc Marquez dan Pol Espargaro (Repsol) serta Takaaki Nakagami dan Alex Marquez (LCR).

Namun mulai 22-24 Februari, Stefan Bradl akan kembali melakukan tes di Circuito de Jerez Angel Nieto, bersama KTM. Dia juga akan mengikuti balapan pertamanya tahun ini di sana pada 1 Mei 2022, jika dia tidak harus turun tangan sebagai pembalap pengganti sebelumnya.

Hasil Tes Shakedown Day-3 (Final):

NoRiderTeamWaktu
1Maverick VinalesAprilia Racing1: 58.942
2Aleix EspargaroAprilia Racing+0.144
3Raul FernandezKTM Tech3+0.526
4Marco BezzecchiMooney VR46+0.769
5 .Michele PirroTim Lenovo Ducati+0.863
6Remy GardnerKTM Tech3+1.104
7Stefan BradlHRC Repsol Honda+1.507
8Sylvain GuintoliTim Uji Suzuki+1.549
9Darryn BinderWithU Yamaha RNF+1.986
10Mika KallioKTM Red Bull+2.132

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives