Penjualan Motor TVS di Indonesia Tak Sebanyak Ekspornya?

RiderTua.com – Nama TVS mungkin sudah cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Walau tak setenar Yamaha, Honda, Suzuki, atau Kawasaki, merek sepeda motor ini masih terus hadir di Tanah Air. Sayangnya penjualan motor dalam negeri tak sebanyak hasil ekspor pada tahun lalu. Tapi setidaknya TVS masih bisa mengandalkan pasar ekspor dalam mendorong penjualannya.

Baca juga: TVS dan BMW Motorrad Kerja Sama Kembangkan Motor Listrik

Penjualan Motor TVS Dalam Negeri Masih Sedikit

Sepanjang tahun 2021, TVS hanya bisa menjual hingga 2.942 unit, jauh lebih sedikit dari merek lainnya. Honda misalnya, dimana merek ini dapat menjual hingga lebih dari 3,9 juta unit motor, disusul Yamaha sebesar sejuta unit. Kawasaki dan Suzuki hanya mampu menjual masing-masing 43 ribu unit dan 18 ribu unit.

Selisih yang sangat jauh ini membuktikan dominasi Honda di pasar roda dua Tanah Air begitu kuat. Saking kuatnya, merek lainnya dibuat hampir tak berkutik karena Honda benar-benar menguasai hampir seluruh segmen. Sementara TVS masih bisa mengisi sejumlah segmen seperti skutik 125 cc maupun naked bike.

(BikeDekho)

Fokus ke Pasar Ekspor

Lain penjualan motor dalam negeri lain pula dengan hasil ekspor ke luar negeri. Tahun lalu saja TVS sukses mengirim hingga 86.905 unit motor, walaupun masih belum mengungguli Honda, Yamaha, Kawasaki, maupun Suzuki. Tapi setidaknya hasil tersebut sudah membuat TVS puas, karena produk rakitan lokalnya masih diminati oleh konsumen luar negeri.

Sebagai salah satu merek motor asal India, TVS masih percaya kalau mereka masih bisa bersaing dengan baik di pasar roda dua di Indonesia. Walaupun penjualannya tak terlalu tinggi, tapi setidaknya hasil ekspornya sudah membantu memulihkan keadaan. Dengan begitu, mereka bisa bertahan ditengah gempuran merek asal Jepang.

Tahun ini, TVS akan memperkuat lini produknya dengan merilis sejumlah model baru. Tapi belum dipastikan model manakah yang bakal dihadirkan di Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives