Oliveira Tidak Konsisten Karena Cedera, Tahun Ini?

RiderTua.com – Oliveira: Cedera membuat saya tidak konsisten tahun lalu.. Kini cedera tersebut tidak lagi menimbulkan masalah baginya, seperti yang dikonfirmasi oleh Oliveira dalam konferensi pers usai presentasi tim…. Sebelum jeda musim panas 2021 lalu, Miguel Oliveira tampil apik dengan 3 kali naik podium berturut-turut (finis ke-2 di Mugello, menang di GP Catalunya, finis ke-2 di Sachsenring) dan finis ke-5 di Assen. Di paruh pertama musim, pembalap asal Portugal itu hanya kalah 24 poin dari peringkat 3 di klasemen. Namun sayang, pada akhir musim rider berusia 27 tahun itu hanya mampu menempati peringkat 14 secara keseluruhan. Pembalap Red Bull KTM itu mengenang kembali dampak cedera pergelangan tangannya pada paruh kedua tahun lalu.

Oliveira: Cedera Membuat Saya Tidak Konsisten Tahun Lalu

Salah satu penyebab kemerosotannya adalah cedera pergelangan tangan kanan yang diderita Oliveira saat crash di FP1 GP Styria di Red Bull Ring. “Setelah liburan musim panas, pergelangan tangan saya tidak membantu sama sekali. Di Spielberg, saya sempat mengerem sebelum jatuh, ke tikungan dan melaju. Ini adalah sirkuit drag race yang khas. Tapi saya benar-benar merasakan kesakitan di Silverstone,” ujar pembalap pabrikan KTM itu.

“Setelah finis tanpa poin di Silverstone atau tepatnya 3 minggu setelah cedera, saya menyadari masih ada banyak balapan. Tapi saat itu, saya tidak bisa mengatakan saya tidak bisa melanjutkan dan sekarang saya harus istirahat untuk 3 balapan. Itu sangat sulit,” imbuh pemenang 3 kali MotoGP itu.

“Secara mental itu sebuah tantangan, karena kita ingin tetap melaju tapi tidak bisa. Kita melakukan hal-hal di atas motor yang bisa kita lihat dari data yang kurang tepat. Dan di medan yang begitu kompetitif, sangat mudah untuk mengakhirinya di posisi 17, 18 atau 20 di kualifikasi. Dalam balapan, kemudian kita mencoba untuk bertahan dan harus berharap pembalap lain keluar sehingga kita masih bisa mencetak poin. Ini cukup membuat frustrasi,” lanjutnya.

Oliveira menambahkan, “Dan tentu saja di MotoGP sulit untuk menjadi yang terdepan, ketika kita mulai tertinggal jauh di belakang. Jika kita membuat kesalahan, menyentuh pembalap lain, kehilangan waktu dan kesempatan untuk mendapatkan hasil yang baik, maka hilanglah peluang itu. Juga pada satu lap, pergelangan tangan saya tidak memungkinkan saya untuk melaju cepat. Itulah alasan utama, mengapa saya tidak konsisten seperti tahun-tahun sebelumnya.”

Kini cedera tersebut tidak lagi menimbulkan masalah baginya, seperti yang dikonfirmasi oleh Oliveira dalam konferensi pers usai presentasi tim.

Saat Oliveira ditanya, seberapa besar kemajuan RC16 jika dibandingkan motor tahun lalu? Rider suami Andreia itu menjawab, “Menurutku, lawan kami telah meningkatkan standar di paruh kedua tahun 2022, terutama Ducati. Itu membuatnya semakin sulit untuk mengikuti. Saya percaya bahwa beberapa perubahan kecil dapat berkontribusi pada hasil yang jauh lebih baik. Saya pikir kemajuan musim lalu tidak diterjemahkan ke dalam hasil. Ada kemajuan, tetapi itu benar-benar tidak terlihat pada hasil akhirnya.”

“Tentu saja, motor tidak pernah sempurna dan kami akan selalu ingin memperbaiki kekurangannya. Tapi saya yakin kami bisa melakukan pekerjaan dengan baik dengan motort ini,” kata Oliveira percaya diri, sebelum memasuki musim keduanya di Red Bull KTM Factory Racing Team.

“Tentu sangat membantu di pramusim, jika kita sudah mengetahui tim teknisnya. Karena kita bisa bekerja lebih dekat dan terbuka dengan semua orang. Namun dinamika ini lebih terlihat di trek balap. Tentu saja kami tetap berkomunikasi di musim dingin, tetapi itu tidak sama dengan bekerja di dalam garasi. Tentu saja kita menjalani tes dengan perasaan yang berbeda, dan saya percaya itu akan mempercepat pekerjaan di sana,” pungkas Oliveira merujuk pada tes mendatang di Sepang (untuk pembalap reguler pada 5-6 Februari).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives