Fabiano Sterlacchini = Gigi Dall’Igna-nya KTM

RiderTua.com – Menjelang musim 2022, kepercayaan diri pemilik tim Tech3 Herve Poncharal mulai tumbuh.. Poncharal juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Tim Road-Racing Internasional (IRTA).. Selain karena pembalapnya yakni Remy dan Raul, juga karena dukungan teknis dari pabrik, “Ada alasan kenapa kami sangat percaya diri. Kami memiliki teknisi yang sangat baik yang bekerja pada proyek MotoGP yakni dengan Sterlacchini, Risse, Trieb, Bergvall dan sebagainya… Saya tidak ingin membuat perbandingan konyol, tetapi Fabiano Sterlacchini sekarang seperti Gigi Dall’Igna dari KTM. Tapi tidak seperti Gigi, dia tidak akan datang ke semua balapan,” katanya.

Selain itu, dari segi personel KTM juga melakukan pembenahan diri. Tim Tech3 akan terikat lebih erat dengan pabrikan. Mereka akan diperkuat Koordinator Teknis baru, Esteban Garcia (mantan kepala kru Maverick Vinales di Yamaha hingga musim panas 2021). Ada juga Kepala Teknologi MotoGP baru yakni mantan insinyur Ducati, Fabiano Sterlacchini. Serta Francesco Guidotti (10 tahun terakhir bersama Pramac-Ducati) adalah manajer tim baru untuk tim Red Bull-KTM dengan pembalap Miguel Oliveira dan Brad Binder.

Herve menambahkan, “Tetapi saya dapat meyakinkan bahwa, ada sesuatu yang berubah dalam hal organisasi di departemen MotoGP. Fabio Sterlacchini sekarang adalah kepala pengembangan MotoGP dan organisasi terkait. Dia bertanggung jawab untuk semua pengembangan strategis dan didukung oleh Ing. Sebastian Risse selaku Direktur Teknik MotoGP.”

Fabiano sekarang seperti Gigi Dall’Igna dari KTM

“Saya tidak ingin membuat perbandingan konyol, tetapi Fabiano sekarang seperti Gigi Dall’Igna dari KTM. Tapi tidak seperti Gigi, dia tidak akan datang ke semua balapan. Saya bertemu Fabiano di Munderfing 2 minggu lalu, dan dia terlihat merasa sangat nyaman dengan peran barunya. Dia percaya diri dan sekarang tahu apa yang kami butuhkan. Dia memiliki pemahaman yang baik dengan Sebastian Risse, keduanya saling melengkapi dengan sempurna, mereka bekerja sama dalam semangat kepercayaan.”

“Sebastian akan datang ke setiap balapan dan melapor ke Fabiano Sterlacchini dari sana. Fabiano akan hadir pada 30 hingga 40 persen balapan, tetapi dia juga perlu menghabiskan cukup waktu di markas besar di Austria untuk dapat berkomunikasi dengan perancang mesin Kurt Trieb, dengan spesialis aerodinamika dan dengan Peter Bergvall dari WP Suspension.”

Pada tahun 2021 ada trek yang KTM tidak mendapatkan green branch. Di mana KTM RC16 tidak bisa tampil optimal. Ban sering tidak mencapai suhu yang diinginkan, yang berulang kali menyebabkan hasil kualifikasi yang buruk.

Herve menjelaskan, “Membandingkan motor dari tes Jerez pada bulan November dengan model 2022 untuk tes Sepang tidak mengungkapkan perubahan dramatis. Tetapi para teknisi telah mengerjakan detail di semua area, terutama pada mesin, pada aerodinamis, pada suspensi dan sebagainya. Ada banyak perbaikan yang bersama-sama dapat membuat perbedaan yang jelas.”

“Kita masih melihat KTM RC16 seperti yang kita kenal. Tapi tidak ada perbedaan besar yang terlihat, seperti halnya pada Ducati GP20 dan GP21. Meski demikian, hasil pada tahun 2021 jauh lebih baik. Semoga kami bisa membuat kemajuan serupa di KTM.”

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives