Mesin Rotary Jadi Dihidupkan Kembali Oleh Mazda?

RiderTua.com – Berbicara soal mesin rotary, mesin ini sudah menjadi ciri khas pada produknya Mazda. Tapi dengan majunya elektrifikasi kendaraan membuat mesin jenis tersebut tak bisa dipertahankan lebih lama. Namun Mazda berupaya untuk mempertahankan mesin rotari andalannya ini. Hanya saja mesin tersebut akan dipadu dengan teknologi hybrid.

Baca juga: Mazda Siapkan CX-5 Facelift Tahun Depan?

Mazda Berupaya Mempertahankan Mesin Rotary

Mesin rotari Wankel dari Mazda sudah lama dikenal karena diterapkan pada sejumlah mobil sport-nya. Model yang cukup terkenal akan mesin jenis ini yaitu RX-8, yang sudah tak diproduksi sejak tahun 2013 silam. Sejak saat itu tak ada lagi model anyar Mazda lainnya yang mengusung mesin ini.

Namun sepertinya Mazda tak bisa lepas dari mesin rotari yang menjadi ciri khasnya selama ini. Mereka berupaya untuk mencari alternatif lain untuk mempertahankannya ditengah maraknya mobil ramah lingkungan di pasar roda empat. Mazda diketahui sudah mengajukan paten mesin rotari terbaru yang dipadu dengan teknologi hybrid.

(Motortrend via DetikOto)

Varian Baru

Menurut Mazda, mesin rotari disebut lebih cocok dipasangkan teknologi hibrida ketimbang mesin konvensional biasa. Sebab peletakannya dibuat lebih ringkas, sehingga mesin dapat dimasukkan ke dalam ruang lebih kecil. Namanya juga mesin hybrid, maka mobil mengandalkan tenaga dari bahan bakar bensin serta listrik dari baterai yang digendongnya.

Namun sampai sekarang Mazda belum mengomentari bagaimana skema dari mesin tersebut, begitupun untuk spesifikasi lebih lanjut. Terlebih untuk mobil yang akan mendapatkan mesin rotari hybrid ini masih jadi misteri sampai sekarang. Tapi kemungkinan model SkyActiv-R yang sempat dibicarakan sebelumnya bakal mengusung mesin terbaru ini. Walau sampai sekarang sosoknya sendiri belum terlihat.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: