Toyota akan Menunda Produksi Mobilnya (Lagi)

RiderTua.com – Nampaknya krisis chip semi-konduktor belum juga usai sampai tahun ini. Ketersediaan stok komponen tersebut masih cukup tipis, sehingga memaksa produsen untuk mengurangi kapasitas produksinya. Sementara itu Toyota berencana untuk kembali menunda produksi mobilnya mulai bulan depan. Sehingga target produksinya dipastikan akan menurun.

Baca juga: Toyota Jadi Merek Mobil Terlaris Tahun 2021!

Toyota akan Kembali Menunda Produksi Mobilnya

Ini bukan pertama kalinya produksi mobil Toyota harus ditunda akibat krisis chip semi-konduktor. Tahun lalu saja mereka melakukan hal serupa, dan ini sudah berdampak pada produksinya. Pada tahun fiskal lalu, Toyota hanya memproduksi 9 juta unit mobil saja, itupun sedikit menurun dari periode sebelumnya.

Awalnya Toyota menargetkan bisa memproduksi 700 ribu unit mobil secara global pada Februari 2022. Namun karena adanya krisis chip yang berkepanjangan, memaksa mereka untuk mengurangi porsi produksinya menjadi 150 ribu unit. Ini akan mengakibatkan target produksinya menurun kembali.

(Motor1)

Penjualan Menurun?

Ada delapan pabrik di Jepang yang ditutup sementara, dan pabrik ini menjadi tempat produksi sejumlah model yang cukup terkenal di pasar. Seperti GR Yaris, Corolla Cross, Corolla Sedan, Sienta, sampai si kembar Noah-Voxy. Ada juga pabrik yang merakit model Lexus, dari model LS, IS, RC, NX, sampai UX 300e.

Toyota sudah tahu kalau dampak dari penundaan produksi ini akan berpengaruh pada penjualannya. Walau sebenarnya sepanjang tahun lalu, penjualan mobilnya masih menjadi yang tertinggi di seluruh dunia. Memang pengaruhnya pada penjualan tak begitu besar mengingat mereka masih menjadi pemimpin di pasar otomotif.

Mungkin negara lain seperti Indonesia juga akan terkena dampak dari penundaan produksi ini. Sebab model seperti GR Yaris, Voxy, sampai UX 300e didatangkan langsung dari Jepang. Tapi mungkin GR Yaris tak mengalami dampak serius, sebab penjualannya memang dibatasi sejak dihadirkan di Tanah Air.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: