Pol: Marquez Terbiasa, Saya Kesulitan

RiderTua.com – Pol Espargaro memasuki musim keduanya bersama Tim Repsol Honda dan berharap Marc Marquez tampil penuh sepanjang musim 2022. Pembalap berusia 30 tahun itu menjelaskan temuan tentang kesulitan yang dihadapinya di musim debutnya di Honda RC213V, dan apa yang perlu dia pelajari dari rekan setimnya itu sebagai hasilnya. Pol menjelaskan kekurangannya tahun lalu, “Marc terbiasa berkendara dan menyesuaikan gayanya dengan grip rendah, dia lebih berpengalaman dengan motor dan menyesuaikan gayanya dengan sangat baik. Bagi saya, itu sangat sulit.” Namun infonya setelah tes Jerez dengan prototipe 2022, Pol Espargaro serta pembalap LCR Honda Alex Marquez dan Takaaki Nakagami setuju bahwa RC213V terbaru menawarkan cengkeraman di roda belakang yang lebih baik. “Saya pikir itu akan membantu kami semua, juga sedikit untuk meningkatkan catatan waktu di kualifikasi. Itu penting,” tegas Pol.

“Semoga kami punya lebih banyak kesempatan untuk balapan bersama musim ini. Saya harap dia tetap sehat sepanjang tahun dan kami bisa memulai musim bersama. Ini akan menjadi hebat!” ujar Pol.

Marc Terbiasa dengan Grip Rendah

Meskipun pada musim 2021 Marquez baru memulai di seri ketiga dan absen lagi untuk dua balapan terakhir musim ini, Pol Espargaro mengakui kekuatan besar dari Marc Marquez. Berbeda dengan motor miliknya, RC213V milik Marc lebih sedikit bermasalah dengan kurangnya grip roda belakang.

Pol menjelaskan, “Di satu sisi, Marc terbiasa berkendara dengan grip rendah. Dia menyesuaikan gayanya dengan masalah cengkeraman ini dan bisa memaksimalkannya. Pengalamannya di atas motor juga sedikit membantunya, dia menyesuaikan gayanya dengan sangat baik. Bagi saya, itu sangat sulit.”

“Terutama di awal, untuk memahami bagaimana saya bisa mengendarai motor dengan cara ini, bagaimana saya bisa mendapatkan potensi maksimal dari fase akselerasi, dan bagaimana saya menghindari terlalu banyak spin dan pada saat yang sama bisa melaju cepat. Ini sangat penting, bagaimana menangani throttle di tikungan, bagaimana mengubahnya dan pada saat yang sama meluruskan motor. Itu adalah sesuatu yang benar-benar perlu saya pelajari dan saya kerjakan dengan cukup keras di pra-musim.”

Setelah tes Jerez dengan prototipe 2022, Pol Espargaro serta pembalap LCR Honda Alex Marquez dan Takaaki Nakagami setuju bahwa RC213V terbaru menawarkan cengkeraman di roda belakang yang lebih baik. “Saya pikir itu akan membantu kami semua, juga sedikit untuk meningkatkan catatan waktu di kualifikasi. Itu penting,” tegas Pol.

Pada dasarnya, pembalap asal Spanyol itu menjelaskan, “Senang berada di sisi Marc. Karena dia selalu mendapatkan performa maksimal dari motornya dan menunjukkan kepada kita, apa yang mungkin dengan motor ini. Ini adalah cara terbaik untuk mendorong diri kita hingga limitnya.”

Untuk latihan pra-musim, secara mental Pol Espargaro melihat tidak perlu adanya tindakan. Dan dia hanya sedikit berlatih di gym. Pembalap berusia 30 tahun itu menambahkan, “Tahun lalu, saya juga tidak berpikir saya lemah secara mental. Untungnya secara mental saya tetap kuat meskipun tekanan tinggi dan hasil yang buruk. Secara fisik saya pikir saya berlatih lebih dari yang saya butuhkan di motor MotoGP.”

“Tentu kadang-kadang kita sangat lelah ketika kita mengendarai motor, tetapi saya tidak berpikir itu menjadi masalah. Secara teknis, saya menemukan bahwa penting untuk membuka throttle dengan cara yang berbeda dari yang saya lakukan sebelumnya. Dengan sedikit cengkeraman , saya tidak bisa menginjak gas seagresif biasanya.”

“Saya tidak bisa menggunakan rem roda belakang seperti yang biasa saya lakukan di kelas lain atau di motor lain. Saya selalu banyak bermain dengan rem belakang saat memasuki tikungan dan tahun lalu itu tidak berhasil. Itulah salah satu alasan, mengapa saya mengalami begitu banyak masalah. Kemudian kami menemukan cara berbeda untuk meningkatkan saat masuk tikungan tanpa terlalu bergantung pada rem belakang, tetapi saya menderita.”

Oleh karena itu Pol Espargaro lebih fokus pada latihan motor sepanjang liburan musim dingin terutama di flat track. “Saya tentu berlatih dengan cara yang berbeda dan dengan motor yang berbeda, agar lebih sensitif saat berakselerasi dan menikung dengan rem roda belakang. Mudah-mudahan itu akan membantu saya musim 2022 ini,” pungkas Pol yakin.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: