Insentif PPnBM Berakhir, Harga Mobil Naik Lagi

RiderTua.com – Setelah sekian lama akhirnya insentif PPnBM berakhir pada akhir tahun 2021 lalu. Dengan ini harga sejumlah mobil yang mendapat insentif kembali normal seperti dulu. Sebenarnya sempat ada rencana akan diterapkan insentif baru secara permanen, lengkap dengan aturan baru. Tapi sampai sekarang belum ada kejelasan.

Baca juga: Dua Mobil Honda Kebagian Insentif PPnBM Permanen

Rencana Insentif PPnBM Permanen Untuk Tahun Ini

Sejak bulan Maret hingga Desember 2021, insentif PPnBM sudah berguna dalam meningkatkan penjualan mobil di Indonesia. Ini dilakukan sebagai langkah dalam memulihkan keadaan pasar roda empat yang sempat terpuruk pada tahun lalu. Saat itu, hasil penjualannya benar-benar terpuruk bahkan ada mobil yang tak terjual sama sekali.

Dengan ini, perlahan tapi pasti angka penjualan terus menunjukkan pemulihan, dan hasilnya penjualan sudah lebih baik dari tahun lalu. Itu sudah menjadi sesuatu yang bagus, apalagi dengan target penjualan mobil tahun 2021 disebut sudah tercapai. Namun semuanya sudah berakhir setelah masa berlaku insentif tahun lalu sudah habis.

(Honda Indonesia)

Belum Diterapkan?

Kini produsen mobil menunggu kepastian akan insentif PPnBM permanen yang disebut akan berlaku mulai tahun ini. Tak seperti sebelumnya, insentif yang satu ini memiliki persyaratan yang lebih ketat, dengan TKDN yang dimiliki mobil harus diatas 80 persen. Walau hanya ada sedikit mobil yang kebagian, tapi ‘mobil rakyat’ disebut juga akan mendapat keringanan tersebut.

Namun karena belum ada kelanjutan dari insentif permanen tersebut, produsen masih menjual mobilnya dengan harga normal. Dalam arti lain, harga mobil saat ini sudah tak lagi termasuk insentif mobil yang dulu. Jadi jangan kaget kalau melihat adanya kenaikan harga mobil secara drastis mulai awal bulan ini.

Sejauh ini, produsen hanya bisa menunggu sampai pemerintah Indonesia mengumumkan insentif PPnBM ‘jilid kedua’. Untuk sekarang, mereka menghadirkan produk dengan harga normal.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: