Daftar Kepala Mekanik MotoGP 2022

RiderTua.com – Lima rookie akan berada di grid MotoGP pada 2022. Selain itu, lima kepala kru baru yang akan bergabung adalah Primmer, Merhand, Herrera, Giovanotti dan Flamigni. Tetapi mereka semuanya sudah memiliki pengalaman di Kejuaraan Dunia. Maverick Vinales bekerja dengan tiga kepala kru yang berbeda di musim 2021 yang penuh gejolak. Di Yamaha pembalap berusia 26 tahun itu didampingi oleh Esteban Garcia hingga seri ke-6 di Mugello. Mulai dari GP Catalunya dan seterusnya, mantan kepala teknisi Rossi Silvano Galbusera mengambil alih. Di tim barunya Aprilia, Giovanni Mattarollo menjadi kepala krunya. Mattarollo sebelumnya adalah bagian dari tim penguji pabrikan asal Noale itu.

Di sisi lain, Galbusera menjaga Franco Morbidelli di tim pabrikan Yamaha hingga akhir musim. Tetapi nanti, dia akan kembali ke peran sebelumnya di tim penguji. Kepala kru baru Morbidelli untuk musim mendatang adalah mantan teknisi Ohlins Patrick Primmer, yang telah berada di pit sejak balapan kedua dari belakang di Portimao.

Ramon Forcada tidak mengikuti ‘Franky’ ke dalam tim pabrikan. “Terkadang hubungan harus berakhir di dunia ini, seindah apapun itu,” kata Morbidelli kecewa. Teknisi Yamaha yang berpengalaman itu akan melanjutkan kolaborasi yang dia mulai dalam 5 balapan terakhir musim ini, dengan Andrea Dovizioso di WITHU Yamaha RNF Team 2022 yang baru dibentuk.

Di sisi lain garasi, rookie Darryn Binder akan dipandegani Noe Herrera, yang sukses merayakan 8 kemenangan di Red Bull KTM Ajo bersama Raul Fernandez di Kejuaraan Dunia Moto2 pada tahun 2021. Tetapi dia belum berpengalaman di MotoGP. “Noe bisa menangani pembalap dengan sangat baik. Darryn sangat senang dengan solusi ini,” jelas pemilik tim WITHU Yamaha Razlan Razali.

Raul Fernandez mendapatkan Nicolas Goyon sebagai kepala kru di Tech3 KTM. Untuk Gardner, peran ini diisi oleh pria asal Prancis Alex Merhand, yang telah dipersiapkan untuk mengemban tugas ini oleh Guy Coulon selama bertahun-tahun. Merhand bekerja untuk Danilo Petrucci sebagai Insinyur Strategis pada tahun 2021. Esteban Garcia juga bertindak sebagai supervisor di Tech3 dan membentuk interface ke pabrik.

Di Tim VR46 Racing yang baru, dua wajah terkenal mengambil alih jabatan kepala kru. karena tim terdekat Valentino Rossi pindah ke tim internal Ducati VR46 setelah pengunduran dirinya. Sekarang David Munoz berada di sisi Luca Marini. Sedangkan Insinyur data lama Vale, Matteo Flamigni bekerja untuk pertama kalinya sebagai kepala kru bersama pendatang baru Marco Bezzecchi. Selain itu, pelatih riding Rossi Idalio Gavira akan mendukung kedua pembalap tersebut.

“Mereka memiliki banyak pengalaman, telah bekerja di puncak dan sangat bagus. Bagus kalau kita bisa menggunakan pengalaman ini untuk tim kita,” tegas Rossi.

Setelah 7 tahun bekerja sama dengan Aprilia, Gresini Racing kembali sebagai tim satelit di Kejuaraan Dunia MotoGP untuk pertama kalinya. Seperti biasa di Ducati, Andrea Giribuola bergabung dengan tim bersama anak didiknya Enea Bastianini. Donatello Giovanotti dari tim Moto2 Gresini dibawa ke kelas utama untuk rookie Fabio Di Giannantonio. Sergio Verbena (terakhir di kepala kru KTM Brad Binder dan Danilo Petrucci) akan menyumbangkan pengetahuannya kepada tim balap asal Italia itu.

Juara dunia Fabio Quartararo melanjutkan kolaborasinya yang sukses dengan Diego Gubellini di garasi Yamaha. Di Aprilia, Antonio Jimenez terus bekerja bersama Aleix Espargaro. Di tim pabrikan Honda, Suzuki, Ducati, KTM, Pramac Ducati dan LCR Honda, semua kepala krunya tetap sama.

Tim MotoGP dan Kepala Kru Mereka

  1. Monster Energi Yamaha MotoGP
    Fabio Quartararo: Diego Gubellini
    Franco Morbidelli: Patrick Primmer
  2. Repsol Honda
    Marc Márquez: Santi Hernandez
    Pol Espargaró: Ramón Aurín
  3. Suzuki Ecstar
    Alex Rins: Jose Manuel Cazeaux
    Joan Mir: Francesco Carchedi
  4. Lenovo Ducati
    Jack Miller: Cristhian Pupulin
    Francesco ‘Pecco’ Bagnaia: Christian Gabarrini
  5. KTM Red Bull Factory Racing
    Brad Binder: Andres Madrid
    Miguel Oliveira: Paul Trevathan
  6. Aprilia Racing
    Aleix Espargaro: Antonio Jimenez
    Maverick Vinales: Giovanni Mattarollo
  7. Pramac Racing
    Johann Zarco: Marco Rigamonti
    Jorge Martin: Daniele Romagnoli
  8. LCR Honda
    Alex Márquez: Christophe “Beefy” Bourguignon
    Takaaki Nakagami: Giacomo Guidotti
  9. KTM Tech3
    Raul Fernandez: Nicolas Goyon
    Remy Gardner Alex Merhand
  10. WITHU Yamaha RNF
    Andrea Dovizioso: Ramon Forcada
    Darryn Binder: Noe Herrera
  11. Gresini Racing
    Enea Bastianini: Andrea Giribuola
    Fabio Di Giannantonio: Donatello Giovanotti
  12. VR46 Racing Team
    Luca Marini: David Munoz
    Marco Bezzecchi: Matteo Flamigni

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page