Ini 11 Mobil yang Bakal Mendapat Insentif PPnBM Permanen

RiderTua.com – Sepanjang tahun ini, insentif PPnBM sudah membantu memulihkan penjualan mobil di Indonesia. Oleh karena itulah, pemerintah mulai mengkaji insentif secara permanen dan kemungkinan akan mulai berlaku tahun depan. Hanya saja insentif kali ini memiliki syarat TKDN minimal sebesar 80 persen. Sehingga hanya ada 11 mobil yang mendapatkan keringanan tersebut.

Baca juga: Xenia Nggak Kebagian Insentif PPnBM Permanen?

Insentif PPnBM Permanen Dengan Syarat TKDN 80 Persen

Penetapan insentif pajak mobil secara permanen ini akan sangat berguna nantinya bagi produsen mobil. Sebab insentif ini sudah sangat membantu produsen dalam meningkatkan penjualannya selama beberapa bulan terakhir. Memang karena tahun lalu saja penjualan mobil menurun cukup drastis, bahkan menjadi yang terburuk.

Namun tak seperti insentif yang sekarang, syarat TKDN yang harus dipenuhi semakin ketat. Karena TKDN yang harus dipenuhi untuk bisa mendapat diskon PPnBM kini mencapai 80 persen, lebih tinggi dari sebelumnya yang hanya sebesar 60 persen. Alhasil, dari 36 mobil yang terdaftar pada insentif tahun ini berkurang menjadi 11 mobil.

(Toyota Astra Motor)

LCGC dan LMPV

11 mobil yang akan mendapatkan insentif PPnBM permanen tersebut masih didominasi oleh merek asal Jepang. Terdiri dari Veloz, Kijang Innova, Calya-Sigra, Agya-Ayla, Livina, Xpander dan varian Cross, HR-V, dan Brio Satya. Kebanyakan masih berupa model LMPV, LCGC, sampai SUV.

Memang kini hanya sedikit mobil yang mendapatkan keringanan pajak mobil tersebut. Namun itu juga akan menjadi sesuatu yang bagus karena insentif ini akan diberlakukan secara permanen. Artinya insentif tersebut takkan memiliki ‘masa berlaku’ seperti insentif sekarang, walau aturannya makin ketat.

Diharapkan dengan ini penjualan mobil akan semakin meningkat hingga tahun depan. Segmen LCGC yang sempat menurun trennya mungkin akan kembali bangkit setelah diterapkannya insentif baru tersebut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page