Pol Minta Motor Ditambah Elektronik Slide Control, Stoner Pusing?

RiderTua.com – Pol Espargaro mengusulkan penambahan fungsi high lean ‘slide control’ (kontrol elektonik saat motor miring). Fungsi ini harus ditambahkan ke elektronik terpadu MotoGP untuk menghindari jenis crash ‘varian baru’ yang masuk dalam kategori ‘highside’ horror yang dialaminya di Valencia. Tim resmi Repsol Honda mengakhiri musim MotoGP 2021 tanpa terwakili kehadiran satu pembalap pun di grid pada balapan penutup Valencia, setelah Pol Espargaro senasib dengan Marc Marquez terlempar di pinggir lintasan.

Mungkin Casey Stoner semakin pusing mendengar permintaan para pembalap yang menginginkan tambahan elektronik pada motor, sementara Stoner justru ingin perangkat elektronik saat ini dikurangi.. Saat ini sudah ada: Traction Control, Anti-wheelie, Engine Brake System, Power Mapping, Gas Adjustment dll, kini malah minta ditambah Slide Control 😀 (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Meski tercepat kedua pada sesi latihan hari Jumat, Espargaro terlempar dari RCV-nya saat dia berakselerasi melalui Tikungan-13 (tikungan cepat ke kiri) pada Sabtu pagi.

Crash itu terjadi ketika bagian belakang motor Espargaro meluncur ke arah luar, menyebabkan kakinya terangkat dari pijakan motornya(footpeg), kemudian motor terbalik, menciptakan hempasan keras di bagian tanki dan karena semakin keras yang akhirnya melontarkan pembalap Spanyol itu ke udara.

“Dengan elektronik saat ini, pabrikan hanya dapat menyetel satu jenis putaran, yaitu putaran tengah,” jelas Espargaro, yang melewatkan sisa akhir pekan di Valencia sebelum kembali beberapa hari kemudian di tes Jerez.

“Saat kita melaju di atas motor, ada putaran mesin disana, dan TC (kontrol traksi) mengendalikan putaran ini (putaran saat kondisi motor tegak normal). Tapi kemudian saat kami mengalami jenis slide lain, yaitu slide samping saat motor dalam kondisi dimiringkan.

“Tidak ada fungsi untuk mengontrolnya. Kami tidak boleh menggunakan fungsi yang sudah digunakan di masa lalu, yang digunakan pada motor versi jalan raya,” katanya. (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page