Yamaha Akan Quartararo-Sentris?

RiderTua.com – Musim 2021 akan menjadi sejarah baru untuk Yamaha yang memenangkan gelar MotoGP dan Superbike bersama Fabio Quartararo dan Toprak Razgatlioglu. Dominasi mutlak juga di All Japan Road Race Championship, di BSB dan di MotoAmerica. Sebuah mahakarya kompetitif yang mendorong untuk lebih meningkat lagi di tahun 2022, jangan kasih kendor. Takahiro Sumi, pemimpin proyek Yamaha MotoGP mengungkapkan bahwa timnya tidak akan terpaku dengan satu pembalap (Quartararo) dalam pengembangan motor. Namun dia mengaku bahwa El Diablo akan mendapatkan ‘prioritas tinggi’ di tim pabrikan. Banyak yang menduga Yamaha akan ‘Quartararo-sentris’.. Sumi menjawab, “Kami telah mendengarkan masukan semua pembalap, jadi kami tidak akan pernah mengikuti satu pembalap. Fabio dapat diandalkan sebagai pembalap pengembangan, jadi dia adalah prioritas tinggi. Franco juga seorang pembalap yang pintar, jadi saya juga mengandalkan dia. Saya tidak bisa bertarung sendirian melawan delapan motor Ducati dan tim Honda…” kata Takahiro Sumi. (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Tidak bisa dibantah Quartararo mampu memanfaatkan kekuatan YZR-M1, menutupi kekurangan di trek lurus dan akselerasi, di mana Ducati berada di posisi teratas. Takahiro Sumi, pemimpin proyek YZR-M1, menjelaskan detail teknis untuk menjelaskan rahasia sukses di MotoGP. Setelah pasang surut tahun 2020, Yamaha mulai mengerjakan sasis, karena pengembangan mesin dibekukan karena regulasi. (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Namun jelas hanya Quartararo yang mampu membawa Yamaha kembali juara, gaya balapnya yang paling sesuai dengan kemauan DNA motor M1.. Lalu apakah seperti di Honda semua proyek akan difokuskan ke Quartararo, dan untuk semua gaya balap Yamaha harus memakai dia sebagai acuan biar ngacir..? (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Setelah era Valentino Rossi dan Maverick Vinales kemudian dilanjut Andrea Dovizioso dan Darryn Binder kemudian ada Franco Morbidelli yang dipromosikan ke tim pabrikan. Akankah Fabio Quartararo menjadi satu-satunya pembalap yang akan mengatur evolusi M1 untuk musim MotoGP berikutnya?.. Dengan kata lain Yamaha akan ‘Quartararo-sentris’.. (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Bos proyek MotoGP Yamaha itu mengatakan, “Kami telah mendengarkan masukan semua pembalap, jadi kami tidak akan pernah mengikuti satu pembalap. Dalam kasus Fabio kami akan berhati-hati dalam memilih sesuatu, jadi tidak ada keraguan. Dia dapat diandalkan sebagai pembalap pengembangan, jadi tidak diragukan lagi dia adalah prioritas tinggi. Franco juga seorang pembalap yang pintar membalap, jadi saya juga mengandalkan dia. Saya tidak bisa bertarung sendirian melawan delapan motor Ducati dan tim Honda. Semua orang cepat, jadi kami tidak pernah fokus hanya pada satu pembalap saja”, pungkas Takahiro Sumi. (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page