Polemik KTM Ajo: Tim Dituduh Pilih Kasih

1

RiderTua.com – Dikritik Raul Fernandez, Aki Ajo mengklarifikasi bahwa tak ada pertengkaran di garasi KTM Moto2.. Pemilik tim Red Bull KTM-Ajo Aki Ajo, adalah seorang pencetak juara dunia, pencari bakat yang mengagumkan dan pemilik tim dengan lebih dari 100 kemenangan balap. Pria asal Finlandia itu ​​membawa Raul Fernandez ke dalam timnya 2 tahun lalu dari tim Aspar dan telah bersamanya sejak saat itu. Pada musim 2021, Tim Red Bull KTM-Ajo memenangkan 13 dari 18 balapan, mengamankan posisi 1 dan 2 di Kejuaraan Dunia dan 24 podium Moto2 bersama Remy Gardner dan Fernandez. Meski demikian, bos tim Ajo dikritik habis-habisan oleh Raul Fernandez dalam sebuah wawancara. Raul menuduh tim lebih memperhatikan Remy (yang lebih senior daripada dia yang masih rookie). Padahal memang rencana Ajo, Raul masih harus 1 tahun lagi di Moto2, namun keburu ‘dipaksa’ oleh pabrikan KTM ke MotoGP.. Otomatis jika sesuai rencana Ajo jelas fokus ke Remy yang pasti ke MotoGP… Dan ini yang membuat Raul merasa ‘tidak adil’.. Sebenarnya yang salah adalah KTM yang memaksa Raul ke MotoGP, bahkan mengorbankan Petrux atau Lecuona.. Ruwet…

Dikritik Raul Fernandez, Aki Ajo: Tak Ada Pertengkaran di Garasi Kami

Sekarang Aki Ajo melihat dirinya sebagai target tuduhan. Raul Fernandez mengatakan bahwa dia menempatkan rintangan (menghalagi) di jalannya dalam pertarungan gelar Moto2 tahun ini. Yang tersirat dari pernyataan ini adalah bahwa tim Ajo berusaha lebih keras untuk Remy Gardner (musim ke-6 di Moto2) ketimbang untuk rookie.

Mungkin ada beberapa kebenaran dalam pernyataan ini (secara tidak sengaja). Karena sebenarnya Raul direncanakan akan melakoni 2 tahun di Moto2, tidak ada yang memperkirakan musim yang begitu cemerlang untuk sang rookie. Itu sebabnya di musim semi Aki Ajo mengatakan, “Cukup jika 1 tahun saya menempatkan satu pembalap Moto2 untuk KTM ke kelas MotoGP.”

Di Mugello, Raul Fernandez juga memberi tahu Aki Ajo dan Pit Beirer, bahwa dia lebih suka bisa bersaing di Moto2 untuk 1 tahun lagi di 2022. Tapi kemudian datang tawaran dari Yamaha untuk tim Petronas Yamaha, jadi KTM menebus opsi untuk 2022 tepat waktu dan menawarkan Raul tempat MotoGP dengan Tim KTM Tech3. Di sana dia akan kembali memiliki Remy Gardner sebagai rekan setimnya.

Pemilik tim Aki Ajo pun mengonfirmasi tuduhan yang dilontarkan anak asuhnya Raul Fernandez. “Jika seorang pembalap berpikir bahwa semuanya tidak berjalan secara optimal, itu bisa dimaklumi. Pembalap yang tidak menjadi juara dunia mencari alasan dan penyebabnya. Kita harus ingat, Raul merayakan 8 kemenangan di musim rookie-nya. Remy menang 5 kali, dia lebih konsisten, dia menjalani musim yang luar biasa.”

“Dan tidak ada pertengkaran di garasi kami. Kami harus benar-benar bahagia dengan berjalannya musim ini. Sekarang kami berperilaku profesional dan fokus pada masa depan.”

“Tentu, keduanya memperebutkan gelar hingga babak terakhir. Adalah normal bagi runner-up untuk kecewa pada awalnya, terutama setelah musim yang begitu kuat dan terutama ketika dia lebih cepat dari juara dunia baru di beberapa balapan. Tapi kami harus sangat senang sebagai tim dengan performa kami dan musim ini. Kami semua belajar. Itu adalah pengalaman yang berharga.”

1 COMMENT

Leave a Reply