Categories: MotoGPSuperbike

10 Fakta Toprak Razgatlioglu: Pembalap Muslim yang Jago Akrobat

RiderTua.com – 10 fakta tentang New FIM Superbike World Champion, Toprak Razgatlioglu.. Musim WorldSBK 2021 telah berakhir dan di Mandalika – Indonesia dinobatkan Juara baru.. Beberapa fakta tentang Toprak Razgatlioglu mungkin akan mengejutkan pembaca, salah satunya pembalap bernomor start #54 itu menjalani kehidupan sederhana di rumah bersama ibunya, selain dia adalah seorang muslim yang taat, tidak menyemprotkan sampanye di podium karena larangan alkohol dalam Islam. Dia juga berdoa sebelum balapan dan di grid… Toprak mengikuti jejak mendiang ayahnya dalam mempelajari beberapa akrobat motor (stunt), ketrampilan ini ternyata sangat dibutuhkan dalam mengendalikan motor di trek.. Ada beberapa realitas menarik lagi (10 hal) yang perlu diketahui tentang Toprak Razgatlioglu juara baru WSBK tahun ini, mau tahu? berikut ulasannya..

10 Fakta Toprak Razgatlioglu: Pembalap Muslim yang Jago Akrobat

Kejuaraan Dunia Superbike MOTUL FIM 2021 telah ‘dibungkus’ dengan performa mentereng oleh pembalap Pata Yamaha dengan Brixx WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, pembalap asal Turki itu berhasil merebut gelar pada Minggu sore di Indonesia di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika yang serba baru. Meskipun perebutan gelar berlangsung ketat, dia berhasil melengserkan juara dunia enam kali, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK), Razgatlioglu penuh dengan gaya menakjubkan (terutama mengangkat ban belakang saat braking).

Namun selain gaya balapnya, ada beberapa fakta mengejutkan di balik layar…

  1. Toprak Razgatlioglu lahir pada 16 Oktober 1996 di Alanya, Turki. Ulang tahunnya sama dengan rekan setimnya dari Italia saat ini, Andrea Locatelli.
  2. Razgatlioglu tinggal di Sakarya di Turki bersama ibunya. Rumahnya tidak jauh dari tempat dia berlatih di sirkuit karting Kenan Sofuoglu.
  3. Toprak dimasukkan dalam Kejuaraan Superstock 600 Eropa di Magny-Cours oleh Kenan Sofuoglu tahun 2014. Dia memenangkan balapan dengan kurang dari 0,2 detik di depan Anthony Dumont dan Niki Tuuli.
  4. Juara WorldSSP lima kali Kenan Sofuoglu adalah manajer dan mentornya. Nomor start #54 Razgatlioglu adalah milik Kenan Sofuoglu, dan Toprak adalah muridnya..
  5. Toprak adalah penggemar olahraga ekstrim, dan menikmati jet ski, fliteboarding dan, di musim dingin, snowboarding. Dia juga menikmati karting di sirkuit Sofuoglu dan menggunakan motorcross. Namun, dia juga bisa melakukan berbagai trik senam, seperti handstand dan hand walking, sesuatu yang dia pelajari di laut ketika dia besar di kota pesisir Alanya. Mugkin ini yang membuat fisiknya kuat, cocok untuk balap motor..
  6. Dia adalah Juara WorldSBK pertama dari Turki, mengikuti jejak Kenan Sofuoglu, yang tidak pernah menikmati jumlah kesuksesan yang sama di WorldSBK seperti yang dia lakukan di WorldSSP. Sofuoglu pernah berkata bahwa, “Rencana kami sejak saya memasukkannya ke Superstock 1000 FIM Eropa adalah menjadikannya Juara Dunia Superbike Turki pertama dan kami ingin mencapai tujuan ini.” Dan berhasil tahun ini..
  7. Di helm balapnya, ada inisial T.T.A. Itu adalah singkatan Toprak (dirinya sendiri), Tümay (saudaranya) dan Arif (ayahnya). Ini juga inisial nama panggilan ayahnya: Tek taker Arif, yang diterjemahkan menjadi “Wheelie Arif” dalam bahasa Inggris. Pada 17 November 2017, ayah Toprak meninggal dalam ‘crash’ sepeda motor di Turki.
  8. Ketika Razgatlioglu tiba di San Juan di Argentina, para penggemar lokal dengan cepat memberikan julukan kepada Toprak, sehingga lahirlah “El Turco”.
  9. Toprak mengikuti jejak ayahnya dalam mempelajari beberapa akrobat (stunt), terutama menguasai seni stoppie. Apakah itu rolling sambil berbelok atau hard braking yang populer, trik selebrasi Toprak adalah stoppie, di mana saingannya di MotoGP adalah Jack Miller.
  10. Toprak juga Muslim, dan karena itu tidak menyemprotkan Prosecco DOC (sampanye) di podium karena larangan alkohol dalam Islam. Dia juga berdoa sebelum balapan dan di grid.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024