Wah, Selain Marc Ternyata Pecco Suka Tikungan Kiri!

1

RiderTua.com – Tikungan ke kiri atau kanan yang disukai para jagoan MotoGP?… Fakta bahwa bintang Honda Marc Marquez lebih memilih tikungan kiri dan trek berlawanan arah jarum jam (anti-clockwise) tidak hanya terlihat jelas sejak musim MotoGP saat ini. Dia lebih sulit dikalahkan jika balapan di trek berlawan arah jarum jam yang banyak tikungan ke kirinya..

Paling tidak saat comeback-nya Marc Marquez sejauh ini hanya sukses di trek dengan banyak tikungan kiri: Kemenangan di Sachsenring, finish kedua di MotorLand Aragon dan kemenangan lain di COTA di Austin.. Sehingga muncul pertanyaan baru-baru ini: Apakah tikungan kiri lebih mudah bagi pembalap MotoGP lain?.. Bagaimana pendapat Quartararo, Pecco, Marc dan Bastianini tentang hal ini?

Quartararo: Sesuai Gaya Balap

Pemimpin Kejuaraan Dunia Fabio Quartararo tidak memiliki jawaban yang jelas.. “Saya pikir itu sangat tergantung pada cara kita membalap. Saya merasa lebih baik di belokan kanan tetapi saya tidak tahu mengapa. Saya pikir itu sesuatu yang wajar yang ada hubungannya dengan gaya balap kita. Saya tidak berpikir ada penjelasan nyata untuk ini. Saya pikir itu hanya preferensi (pilihan) pembalap,” kata bintang Yamaha itu sambil mengangkat bahu.

Pecco: Suka Tikungan Kiri

Runner-up MotoGP saat ini Francesco “Pecco” Bagnaia menemukan setidaknya satu penjelasan… “Saya lebih suka tikungan kiri dan saya pikir itu hanya karena kita harus mengoperasikan gas di kanan dan lebih sulit untuk mempertahankan posisi yang sama di kanan seperti di tikungan kiri.”

Pembalap Ducati itu juga menambahkan.. “Saya lebih suka pengereman kuat (hard braking) di tikungan kanan dan saya suka tikungan kiri panjang. Tidak ada ‘sisi yang lebih mudah’, ini hanya tentang apa yang membuat Anda merasa lebih baik. ”

“Tentu saja saya lebih suka tikungan kiri… Saya pikir itu juga sangat bergantung pada motor dan propertinya. Di Honda kami banyak menggunakan rem belakang, lebih mudah dikendalikan di kiri. Kemudian tentu saja saya dibesarkan di motorcross dan sepeda motor trail, jadi selalu kidal dan saya bisa lebih mengontrol slide di sana,” kata Marc Marquez sambil tersenyum ..

Marc menambahkan, “Sejak 2019 saya juga merasa baik di sisi kanan. Tahun ini, tentu saja, saya memiliki lebih banyak masalah di sebelah kanan, tetapi saya bisa mengatasinya,” kata juara dunia delapan kali itu, merujuk pada cedera lengan atas yang berkepanjangan dan masalah terkait di bahu kanan.

Bastianini: Suka Kiri Tapi Cepat di Tikungan Kanan

Rookie MotoGP Enea Bastianini mengaku sambil tersenyum.. “Saya merasa lebih nyaman di tikungan kiri. Tetapi ketika saya memeriksa data, saya lebih cepat di tikungan kanan. Saya tidak tahu mengapa, tapi itu benar-benar faktanya. “

1 COMMENT

Leave a Reply