Toyota Prius Bakal Hadirkan Varian Hidrogen Fuel-Cell?

1
(toyota.com.cy)

RiderTua.com – Prius sudah lama dikenal sebagai pionir mobil hybrid dari Toyota. Setelah sekian lama hadir sebagai mobil PHEV (plug-in hybrid), merek asal Jepang tersebut ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda. Mereka berencana untuk menghadirkan Prius versi hidrogen fuel-cell. Walau model ini baru bisa dijual pada tahun 2025 mendatang.

Baca juga: Toyota Yaris X-Urban, Lebih Sporty dan Bergaya!

Toyota Berencana Hadirkan Prius Hydrogen Fuel-Cell

Prius menjadi salah satu mobil hybrid unggulan Toyota yang masih bertahan sampai sekarang. Model ini juga dijual di Indonesia sejak lama, dan model terbarunya dirilis beberapa bulan lalu. Sehingga Prius memiliki banyak konsumen dari seluruh dunia, tak hanya di Indonesia saja.

Model tersebut juga hadir dalam berbagai varian, namun kebanyakan berupa mobil hybrid atau PHEV. Ini mungkin yang membuat Toyota berkeinginan untuk memberikan sesuatu yang baru untuk Prius. Mereka akan menyematkan sistem hidrogen-listrik pada Prius, beserta ‘teknologi masa depannya yang canggih’.

(Toyota Europe)

Model Baru?

Kedengarannya cukup menarik, karena pada akhirnya Prius akan menjadi mobil hidrogen kedua dari Toyota setelah Mirai. Selama ini, Mirai menjadi mobil hidrogen pertama dan satu-satunya yang dimiliki oleh Toyota. Hanya saja Prius Hydrogen Fuel-Cell ini baru bisa dirilis pada tahun 2025. Mengapa?

Jawabannya jelas, karena Toyota membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkan mesin hidrogen khusus Prius, dan mereka tak bisa membawa mesin yang sama dengan Mirai. Sebab Prius dirancang sebagai mobil harian, dan ini membuat Toyota harus mengembangkan sistem hidrogen yang sesuai dengan penggunaannya. Tapi karena model tersebut akan dikembangkan di Jepang atau Amerika Serikat, bisa saja waktu pengembangannya dipercepat.

Selain Prius hidrogen fuel-cell, ada juga kabar mengenai Prius generasi terbaru yang akan dirilis pada bulan Desember 2022. Disebutkan kalau model terbarunya ini yang menghadirkan mesin hidrogen untuk pertama kalinya ‘sebagai percobaan’. Walau itu sekedar rumor, sebab Toyota belum berkomentar soal Prius Fuel-Cell.

1 COMMENT

Leave a Reply