Kisah Suram Pembalap yang Keluar dari Akademi Rossi

1

RiderTua.com – Para pembalap yang memutuskan untuk meninggalkan Akademi VR46 dalam beberapa musim terakhir tidak melalui momen olahraga yang bagus dan beberapa akan segera meninggalkan MotoGP. Padahal Rossi tahun depan mempunyai 4 tim di tiga kategori.. Pada tahun 2019 terjadi ‘perpecahan’ di Akademi Valentino Rossi. Dua tokoh utamanya di Moto2, Nicolo Bulega dan Lorenzo Baldassarri, mengumumkan bahwa mereka akan berhenti menjadi bagian dari Akademi VR46 pada akhir musim itu. Hal yang sama terjadi dengan Dennis Foggia di Moto3, yang meskipun dia peringkat dua juga bukan tanpa masalah. Namun kisah suram apa yang dialami mereka?

Kisah Suram Pembalap yang Keluar dari Akademi Rossi

Selama bertahun-tahun mereka berada di bawah naungan Rossi: Bulega dan Foggia dinyatakan sebagai juara dunia junior di FIM CEV Repsol. Untuk Baldassarri, dia memenangkan lima balapan di Moto2 dan memimpin kejuaraan selama beberapa balapan. Secara keseluruhan, ketiganya memutuskan untuk meninggalkan Akademi pada akhir 2019.

Sejak itu, Baldassarri dan Bulega tidak terdengar gacor lagi. Dia hanya menyelesaikan satu balapan di 5 besar, dan pada 2021 dia pindah tim Pons ( sasis Kalex ) untuk MV Agusta. Musim ini dia hanya mencetak 3 poin.

Bulega, sementara itu, setelah gagal moncer di Moto3 karena tingginya 1,81 meter, membuat lompatan ke Moto2 pada 2019 dengan VR46. Namun, setelah berpisah, dia memutuskan untuk bergabung dengan tim Gresini, di mana dia telah berkompetisi dalam dua musim terakhir dan hanya menyelesaikan dua balapan di 10 besar.

Beberapa minggu yang lalu, Ducati mengumumkan bahwa pembalap muda yang mengalahkan Joan Mir di FIM CEV Repsol pada 2015 akan membalap bersama mereka di Kejuaraan Dunia Supersport, di mana mereka akan melakukan debut pada 2022. Dia meninggalkan Kejuaraan Dunia MotoGP pada usia 21 tahun dan memiliki dua podium dalam enam musim.

Dalam kasus Baldassarri, masa depannya terlihat jauh dari MV Agusta. Dengan tiga balapan tersisa di musim ini, tidak diketahui apa yang akan dia lakukan pada 2022 dan tidak ada pilihan yang mengejutkan.

Orang yang bernasib terbaik dari ketiganya adalah Foggia, yang juga bukan tanpa masalah. Pembalap Leopard telah memperbarui dengan tim Christian Lundberg, semua ini setelah perkelahian yang mereka alami musim ini, dia menuduh tim melarang ayahnya memasuki garasi dan truk. Namun, dia saat ini berada di urutan kedua dalam kejuaraan dengan empat kemenangan.

Baldassarri, Bulega dan Foggia bukan satu-satunya pembalap yang tidak lagi menjadi anggota Akademi. Romano Fenati dikeluarkan pada tahun 2016 karena tidak disiplin. Setahun setelah hengkang dia diproklamirkan sebagai runner-up di Moto3, dan setelah insiden bersama Stefano Manzi di Misano pada 2018, pada 2021 dia akan memiliki kesempatan kedua di Moto2 dengan Speed ​​Up.

Lorenzo Dalla Porta juga memiliki tugas singkat di VR46 pada tahun 2016 sebagai pembalap pengganti. Namun, dia tidak pernah sepenuhnya menjadi bagian dari Akademi dan kita tidak akan lagi melihat Bulega di MotoGP.

1 COMMENT

Leave a Reply